AYU CORNELLIA Luncurkan Buku MARCOM ESSENTIAL, Lanjutan Buku PR ESSENTIAL.
Impessa.id, Yogyakarta: Setelah sukses dengan buku pertama berjudul “PR Essential” di tahun 2019, yang laris manis diburu para profesi public relations di semua lini institusi, sehingga buku itu sold out, kini, tepatnya di Bulan Desember 2023, DR Ayu Helena Cornellia BA MSi, yang akrab disapa Ayu Cornellia meluncurkan buku kedua berjudul “Marcom Essential” setebal 184 halaman, Jumat, 15 Desember 2023, di Griya Dahar RB Yogyakarta.
Kepada Impessa.id, Ayu Cornellia menuturkan, “Saya sebagai salah satu marketing communication senior di Jogja, saya merasa saya harus banyak berbagi kepada orang lain, sehingga saya akan mencoba memberikan pengetahuan dan pengalaman saya,” tuturnya.
Melalui buku “Marcom Essential”, yang terbagi kedalam 10 Bab, mengulas banyak strategi menjembatani antara PR dan Sales untuk mendatangkan revenue, 15% hasil penjualannya melalui online secara nasional, disumbangkan untuk 'I Can Enterprise', Komunitas Penyintas Gagal Ginjal di Yogyakarta.
Buku berwarna “Marcom Essential” terbitan Penerbit Pohon Cahaya Yogyakarta, Cetakan Pertama Desember 2023, dengan Editor oleh C. IsmulCokro, serta Perancang Sampul oleh Klasiva Studio, dijual hanya online, seharga 150K per eskemplarnya, dan dapat diakses via sosial media Cornellia & Co, dan Instagram @ayucornellia, @cornellia&co, dan WA – 0818251382.
Dalam pengantarnya, Ayu Cornellia menyatakan bahwa gegar transformasi terjadi dewasa ini. Era tradisional atau konvensional berpindah ke era modern. Perkembangannya begitu pesat dan membutuhkan keseimbangan dari beberapa sisi kehidupan, serta penyesuaian dalam banyak hal. Digitalisasi seolah tidak terbendung dan membawa berbagai kelebihan baik secara teknis operasional maupun dari sisi sosial.
Disebutkan, internet memiliki konstribusi yang sangat besar bagi masyarakat, terutama dalam proses penyebaran berita, melalui media online. Dunia digital mampu mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat. Meskipun demikian, kondisi seperti itu tidak bebas masalah, dan bahkan menjadi sindrom penyakit bagi kehidupan bermasyarakat.
Penggunaan media baru seperti online, memudahkan pelaksanaan marketing communication. Melalui cara ini, seseorang atau perusahaan dapat memaksimalkan pencitraan (image) atas suatu brand tertentu. Marketing communication adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk dengan menyertakan konsep perencanaan pemasaran yang menggarisbawahi nilai tambah dari sebuah kegiatan komunikasi.
Menurut Ayu Cornellia, komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan produk dalam ingatan, dan menciptakan reputasi merk, serta mendorong penjualan. Membaca buku “Marcom Essential” seorang profesi pemasaran dapat semakin memperkuat brand image, brand trust, dan brand loyalty. (Feature of Impessa.id by Antok Wesman)