Ekonomi-Bisnis

ARCHIPELAGO Gelar Kompetisi BLACK BOX BATTLE 2025 Di Yogyakarta

ARCHIPELAGO Gelar Kompetisi BLACK BOX BATTLE 2025 Di Yogyakarta

ARCHIPELAGO Gelar Kompetisi BLACK BOX BATTLE 2025 Di Neo Malioboro Yogyakarta and Royal Malioboro by AstonYogyakarta

Impessa.id, Yogyakarta: Archipelago gelar Black Box Battle di Neo Malioboro Yogyakarta & Royal Malioboro by Aston Yogyakarta, pada Senin (5/5/2025), untuk menguji kreativitas dan keahlian para Chef serta staf F&B dari jaringan hotel Archipelago. Black Box Battle secara rutin diselenggarakan untuk menciptakan hasil kreasi yang unik dengan bahan-bahan yang telah ditentukan secara rahasia di dalam "Black Box”.

Senior VP Operations Archipelago, Winston Hanes menuturkan, “Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga sebagai wadah pembelajaran dan inspirasi bagi para profesional di bidang kuliner. Dengan adanya Archipelago Black Box Battle, diharapkan menjadi wadah pembelajaran untuk menguasai teknik yang tepat serta mengasah keterampilan mereka mengolah bahan makanan dan minuman yang belum diketahui sebelumnya”.

Archipelago Black Box Battle diikuti oleh 15 hotel yang tersebar di Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Rembang. Sebanyak 15 chef serta 14 staf F&B bertanding untuk menunjukkan keahlian terbaik mereka dalam menciptakan hidangan dan minuman terbaik. Kompetisi semakin bergengsi karena para peserta memperebutkan hadiah berupa trofi dari Charles Brookfield untuk juara pertama, John Flood untuk juara kedua dan favorit winner untuk juara ketiga serta uang tunai dan hadiah sponsor.

Kompetisi Beverage Battle berlangsung di Royal Malioboro by Aston, di mana para staf F&B ditantang untuk menciptakan kreasi minuman yang istimewa menggunakan bahan-bahan rahasia yang terdiri dari kemangi, teh melati, kedondong. Sementara itu, Food Battle yang diselenggarakan di Neo Malioboro Yogyakarta, tempat para chef berlomba menciptakan hidangan lezat dan inovatif dengan bahan rahasia berupa ayam, labu, asam jawa, dan kayu manis.

Vera Indah Pratiwi, Cluster General Manager Royal Malioboro by Aston & Neo Malioboro Yogyakarta, menambahkan, “Kami sangat bangga dapat menjadi tuan rumah untuk Archipelago Black Box Battle. Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga kesempatan bagi para talenta di industri perhotelan untuk terus berkembang, berinovasi, dan menunjukkan keahlian terbaik mereka. Kami berharap acara ini dapat menginspirasi seluruh peserta untuk terus meningkatkan standar kuliner dan layanan perhotelan.”

Untuk menjaga standar penilaian yang tinggi, para juri menilai setiap kreasi berdasarkan pada aspek kreativitas, teknik, rasa, dan presentasi berstandar internasional. Dewan juri masing-masing, Yohanes Sulistiyono Hadi, selaku Corporate Regional General Manager Archipelago, Chef Denny Frederick selaku Corporate Executive Chef Archipelago, Denny S. Wasana selaku Corporate F&B Manager Archipelago, dan Sari Kusumaningrum selaku Sr. Director Corporate Communications and PR Archipelago.

Pemenang kategori Food Battle adalah sebagai berikut:

1. Juara Pertama: Domas Muhammad Pilar – favehotel Malioboro

2. Juara Kedua: Winarno – Aston Solo Hotel

3. Juara Ketiga: Bayu Kusuma – The Alana Hotel and Conference Center Malioboro

Pemenang kategori Beverage Battle adalah sebagai berikut:

1. Juara Pertama: Andi Izzaudin Mahendra – The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center

2. Juara Kedua: Hanif Anshori – The Alana Solo Hotel and Conference Center

3. Juara Ketiga: Andryan S. – The Alana Hotel and Conference Center Malioboro

Domas Muhammad Pilar, salah satu peserta kompetisi mengaku senang mengikutinya. “Saya merasa tertantang karena kami harus memasak dengan bahan-bahan yang belum kami ketahui sebelumnya, ini benar-benar mendorong kami keluar dari zona nyaman. Saya berharap Archipelago terus menciptakan kesempatan seperti ini agar kami bisa terus berkembang,”

Begitu halnya dengan Andi I. Mahendra; “Saya sangat bersyukur dan lega dengan pencapaian hari ini, terutama setelah mempersiapkannya selama sebulan terakhir. Saya juga berharap Archipelago terus berkembang dan menjadi lebih inovatif di masa depan.”

Tentang Archipelago                                                                                                                                      

Grup perhotelan swasta terbesar di Asia Tenggara, dengan lebih dari 45.000 kamar dan residence di lebih dari 300 hotel di seluruh Asia Tenggara, Amerika Latin, Karibia, Timur Tengah, dan Oseania. Perusahaan hotel terpercaya dengan rekam jejak panjang dan portofolio dari 13 merek pemenang penghargaan termasuk Aston, Alana, Huxley, Kamuela, Avanika, Harper, Quest, Four Corners, Neo, fave, Nordic, Powered by Archipelago, dan Aston Collection. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.archipelagointernational.com dan ikuti @archipelagointernational di Instagram. (Sari Kusumaningrum-Senior Director of Corporate Communications & PR Archipelago International/Leno/Antok Wesman-Impessa.id)