Feature

Gameloft Berbagi Sesama Melalui Program Tanggung Jawab Sosial 2021

Gameloft Berbagi Sesama Melalui Program Tanggung Jawab Sosial 2021

Gameloft Berbagi Sesama Melalui Program Tanggung Jawab Sosial 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Asteria Rani selaku Communication Specialist Gameloft Indonesia menuturkan, program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility) telah menjadi bagian integral dari aktivitas Gameloft Indonesia sejak tahun 2016. Pada tahun 2021, studio Gameloft di Yogyakarta melakukan berbagai program CSR yang didasarkan pada pilar “Play the Good Game”, untuk membawa nilai positif dari Gameloft sebagai salah satu perusahaan game terdepan, kepada masyarakat Yogyakarta.

Sebagai program utama, Gameloft bekerjasama dengan Hoshizora Foundation (Yayasan Bintang Langit) untuk mendukung pendidikan anak Indonesia yang berada di bawah asuhan lembaga ini. Gameloft memberikan beasiswa pendidikan selama 1 tahun kepada 10 siswa, sebagai program kelanjutan yang telah berlangsung sejak tahun 2018.

Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, Gameloft menyelenggarakan lokakarya tentang pendidikan dan karir dalam industri teknologi bagi 31 siswi asuhan Hoshizora Foundation. Dalam workshop Girls in Tech ini, 7 karyawati Gameloft berkontribusi sebagai pembicara dan fasilitator, untuk membuka wawasan para siswi tentang kesempatan pendidikan dan karir dalam dunia teknologi, sekaligus berbagi pengalaman mengenai tantangan yang mungkin dihadapi kaum wanita dalam sektor ini.

Selama bulan Ramadan, Gameloft mengajak karyawan untuk berbagi dengan sesama melalui kegiatan Ramadan Charity. Dalam kegiatan ini, perusahaan mengumpulkan donasi berupa pakaian, buku, mainan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya dari karyawan. Ramadan Charity berhasil mengumpulkan 20 kardus donasi, yang diserahkan kepada orang-orang yang membutuhkan melalui bantuan Give2Indonesia sebagai penyalur sumbangan. Selain itu, Gameloft mengumpulkan donasi uang tunai untuk membeli sembako sebagai sumbangan bagi 3 panti asuhan di sekitar wilayah kantor, yaitu Panti Asuhan Reksa Putra Bagian Putra, Reksa Putra Bagian Putri, dan Mizan Amanah.

Pada bulan Agustus 2021, Gameloft menyelenggarakan lomba foto “Aku Mirip Pahlawan”, yang berhasil menarik 86 siswa sebagai peserta lomba. Karyawan Gameloft terlibat dalam penjurian untuk menentukan 5 pemenang, yang mendapatkan hadiah berupa seri buku Kemiri Yori. Masih pada bulan yang sama, Gameloft menyumbangkan 50 paket sembako bagi masyarakat terdampak COVID-19, bekerjasama dengan Kapanewon Sleman.

Dalam rangka International Literacy Day, Gameloft kembali bekerja sama dengan Hoshizora Foundation dalam penyelenggaraan Donasi Buku “Books for Kids”. Gameloft membuka kesempatan donasi berupa buku dan uang tunai dari karyawan Gameloft. Perolehan program donasi didedikasikan sepenuhnya dalam bentuk buku untuk anak-anak di Ende an Bima.

Kerjasama dengan Kapanewon Sleman berlanjut dalam bentuk donasi door prize untuk kegiatan hari jadi KORPRI Sleman. Peringatan dirgahayu ini dirayakan dengan kegiatan jalan sehat dan tali asih bagi panti asuhan.

Hari Guru, yang dirayakan pada tanggal 25 November, menjadi sebuah momen bagi Gameloft Indonesia untuk berbagi. Gameloft menyelenggarakan kompetisi internal tentang Trainers’ Day, dimana para peserta mengumpulkan cerita atau video yang menggambarkan kontribusi mereka sebagai pengajar selama masa pandemi, baik mengajar anggota keluarga yang belajar di rumah sebagai dampak pandemi, atau menularkan ilmu kepada rekan kerja secara daring. Pemenang lomba, Lusia Andini, mendapatkan penghargaan berupa kesempatan untuk memilih lembaga nonprofit sebagai sasaran donasi perusahaan, dimana yang terpilih adalah Hoshizora Foundation.

Dedikasi Gameloft terhadap dunia pendidikan tidak pernah berhenti, terbukti dengan keterlibatan Gameloft dalam Talk Show E-sport pada 19 Desember 2021. Satrio Budi Dharmawan, salah satu Game Producer di Gameloft Indonesia, menjadi perwakilan perusahaan untuk membuka wawasan peserta talk show tentang kesempatan kerja di dunia game dan seluk beluk dunia game developer. Berkecimpung dalam e-sport sebagai atlet merupakan salah satu lapangan pekerjaan yang baru, namun Satrio menunjukkan bahwa para game enthusiast juga memiliki kesempatan untuk menjadi orang di balik layar, menelurkan game berskala internasional yang dapat dinikmati oleh para pemain game dan atlet e-sport.

Kepedulian Gameloft tidak hanya terhenti pada dunia pendidikan. Gameloft berpartisipasi dalam program spanduk himbauan masyarakat inisiasi Polres Sleman, yang dipasang di tempat umum di sekitar hari raya Idul Fitri serta Natal dan Tahun Baru. Gameloft ingin menjadi bagian dari selebrasi nasional, sembari mengingatkan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat. (Asteria Rani/Antok Wesman-Impessa.id)