Ekonomi-Bisnis

PEKAN GASTRONOMI PERANCIS Di Yogyakarta dan seluruh Indonesia, 1-13 Oktober 2024

PEKAN GASTRONOMI PERANCIS Di Yogyakarta dan seluruh Indonesia, 1-13 Oktober 2024

PEKAN GASTRONOMI PERANCIS Di Yogyakarta dan seluruh Indonesia, 1-13 Oktober 2024

Impessa.id, Yogyakarta: Setelah meraup sukses di edisi perdana tahun 2023, Pekan Gastronomi Perancis “Cita Rasa Prancis j’adore!” kembali diselenggarakan di Yogyakarta dan di seluruh Indonesia pada tanggal 1-13 Oktober 2024.

Diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut français d’Indonésie -IFI, Business France Indonesia dan bekerja sama dengan Disciples d’Escoffier Indonesia dan jaringan Alliance française, “Cita rasa Prancis j’adore!” bertujuan untuk berbagi kekayaan dan keragaman gastronomi Perancis, yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan UNESCO sejak tahun 2010, dan untuk mendorong pertukaran dengan kuliner dan produk Indonesia.

Seperti tahun sebelumnya, acara itu menggandeng banyak mitra, seperti restoran, hotel, kafe dan toko roti di seluruh Indonesia untuk mempromosikan keanekaragaman masakan Perancis di tempat mereka sebagai bagian dari program “Menu à la française”.

Di Yogyakarta, terdapat 15 restoran yang menawarkan hidangan ataupun menu Perancis antara tanggal 1-13 Oktober 2024 masing-masing, Androwino Bistro (Sheraton Mustika), Bogey’s Teras (Hyatt Regency), Kayumanis (Hotel Tentrem), Kemangi Bistro (Hyatt Regency), Le Margaux Brasserie, Masama Restaurant by Kamil, Mil’s Kitchen, My Little Warung, Paprika Restaurant (The Phoenix Hotel), Paseban Lounge (Hyatt Regency), Pikali Coffee & Kitchen, Punika Deli (Royal Ambarrukmo), SamaZana Restaurant (Royal Ambarrukmo), Swiss-Café Restaurant (Swiss-Bel Boutique) dan ViaVia Jogja.

Edisi kedua menjadi istimewa berkat kehadiran chef David Gallienne, pemenang kompetisi memasak “Top Chef France” 2020 dan dianugerahi bintang Michelin untuk restorannya “Le Jardin des Plumes” di Giverny, Prancis, sebuah penghargaan yang sangat bergengsi di dunia kuliner. Chef yang berasal dari Normandia itu mengunjungi beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Makassar, Yogyakarta, dan Surabaya.

Pada saat ke Yogyakarta pada Jumat, 4 Oktober 2024, Chef Gallienne berkunjung ke Pasar Beringharjo, dilanjutkan kunjungan ke Prambanan dan bertemu dengan para siswa di SMK Berbudi. Di siang harinya, kembali ke hotel Tentrem Yogyakarta untuk menyiapkan gala dinner dengan tujuh hidangan bersama dengan dua chef ternama dari Yogyakarta: Chef Philip Walasary (Restaurant Kayu Manis, Hotel Tentrem) dan Chef Kamil (Restaurant “Mediterranea by Kamil” dan “Masama by Kamil”). Acara gala dinner tersebut merupakan kerja sama Perancis-Indonesia yang belum pernah diadakan sebelumnya, yang mempertemukan sekitar 50 tamu undangan.

Program Gastronomi Perancis tersebut terdapat Wine Tasting (1 Oktober), pasar produk-produk Prancis (5 Oktober), pemutaran film (10 Oktober) dan lomba kuliner bagi siswa SMK dari Yogyakarta (12 Oktober). Informasi terkait program acara « Le Goût de France - Cita Rasa Perancis, j’adore ! » dapat ditemukan di laman www.citarasaprancis.com.

Menurut François Dabin, Direktur Institut français Yogyakarta, “Kesuksesan yang diraih pada edisi pertama ‘Cita rasa Perancis, j’adore!’ membuktikan ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap seni kuliner. Edisi kedua juga tidak kalah menarik dengan bertambahnya partisipasi dari berbagai kalangan serta kehadiran chef Perancis ternama dunia, Chef Gallienne yang berkunjung ke Yogyakarta.” (Inta Devi/Antok Wesman-Impessa.id)