Smartfren Gelar Kompetisi Fotografi Jurnalistik Bertajuk Menyatukan yang Berbeda
Impessa.id, Yogyakarta: Head of Public Relations Smartfren Ciba Gangga dari Jakarta, 28 Juni 2022 mengabarkan bahwa, sebagai bagian dari rangkaian Gerakan 100% untuk Indonesia, Smartfren menggelar kompetisi foto jurnalistik “Merekam Bhinneka dalam Lensa” yang mengusung tema utama “Menyatukan yang Berbeda”. Tema ini bermaksud menggambarkan keberagaman di Indonesia merupakan suatu kelebihan yang menjadi lem perekat sekaligus pendorong kemajuan.
Gerakan 100% untuk Indonesia yang diprakarsai oleh Smartfren merupakan upaya untuk menyatukan dan mengembangkan potensi anak muda di Indonesia, membawa UMKM untuk naik kelas serta membawa digitalisasi ke berbagai aspek kehidupan. Dalam gerakan ini, perbedaan diharapkan menjadi kekuatan untuk mewujudkan berbagai gagasan baru.
Smartfren melihat jurnalis sebagai sosok yang paling dekat dalam merekam berbagai cerita mengenai upaya anak-anak muda, atau berbagai lapisan masyarakat dalam memanfaatkan perbedaan sebagai motivasi meraih prestasi. Melalui kompetisi fotografi jurnalistik ini, diharapkan akan semakin banyak cerita-cerita tersebut yang tersampaikan ke masyarakat.
Kompetisi fotografi jurnalistik Smartfren “Menyatukan yang Berbeda” melibatkan Adek Berry, Fotografer AFP sebagai juri. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh jurnalis di Indonesia. Siapkan karyamu dan kirimkan ke lombafotosmartfren@gmail.com. Detil mengenai karya yang dikirimkan, syarat dan ketentuan dapat dilihat melalui link https://bit.ly/KompetisiFotoJurnalistikSF
Kriteria Penilaian Foto:
1. Teknis: Melingkupi unsur-unsur dasar fotografi, yaitu ketajaman, sudut pandang, Teknik pemotretan, dan komposisi
2. Konsep: Gagasan atau ide yang menjadi latar dalam melahirkan sebuah karya foto
3. Konten: Terkait dengan berbagai unsur pesan yang disampaikan secara tersirat maupun tersurat dalam karya fotografi. Pesan tersebut bisa berupa pernyataan, kesan, suasana, ungkapan emosi tertentu.
4. Tematis: unsur-unsur yang berkaitan dengan tema lomba.
Mekanisme Lomba Foto untuk Media
1. Karya foto mengikuti kaidah jurnalistik
2. Karya yang dibuat adalah karya asli, milik sendiri, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba. Panitia berhak menggugurkan pemenang apabila di kemudian hari terbukti bahwa foto tersebut bukan karya asli.
3. Peserta bisa menentukan subtema yang lebih spesifik, yang mendukung tema utama sesuai dengan kondisi di wilayah peliputan masing-masing. Berikut ini sejumlah contoh subtema yang dimaksud:
- Keberagaman yang menyatukan Indonesia
- Gotong royong menyongsong masa depan
- Digitalisasi untuk memajukan Indonesia
4. Foto yang dilombakan adalah foto terbaru, atau dibuat dan dipublikasi di media massa non-blog dalam kurun waktu 1 Januari 2023 – 20 Agustus 2023
5. Foto dapat menyertakan produk/merek Smartfren di dalamnya, juga diperbolehkah tidak mencantumkan produk/merek Smartfren.
6. Satu peserta dapat menyertakan lebih dari satu foto dalam lomba ini (maksimal 5 foto, minimal satu foto tayang di media)
7. Pengiriman foto berupa link folder cloud storage dikirimkan kepada email lombafotosmartfren@gmail.com dengan subject “Lomba Fotografi Smartfren 2023”, paling lambat pada 20 Agustus 2023
8. Peserta melampirkan:
- Scan KTP
- Scan kartu pers yang masih berlaku
- Nomor telepon yang dapat dihubungi
- Scan/PDF pemberitaan di media massa (cetak/online) bila foto telah ditayangkan
- File foto asli dan milik sendiri, tanpa editing, minimal sisi terpanjang 3000 piksel dan resolusi minimal 200dpi
- Dokumen yang memuat narasi/caption foto yang diikutsertakan dan link posting di feed Instagram
9. Peserta mengupload foto yang diikutsertakan itu dalam feed Instagram. Foto yang diupload dapat lebih dari satu (carrousel) dengan menyertakan cerita/narasi yang berkaitan dengan tema lomba
10. Follow dan mention @smartfrenworld di Instagram. Cantumkan hashtag
#100PersenUntukIndonesia #Smartfren
11. Smartfren dapat menggunakan karya foto pemenang untuk kepentingan publikasi (web, media sosial, siaran pers) serta kepentingan non-komersil lainnya
12. Keputusan yang diambil oleh dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu-gugat. Pemenang akan diumumkan pada 7 September 2023.
13. Info lebih lengkap kunjungi akun Instagram @smartfrenworld atau www.smartfren.com/100persenuntukindonesia
Hadiah Uang Tunai
Juara I – Rp7.000.000
Juara II – Rp5.000.000
Juara III – Rp3.000.000
Tentang PT Smartfren Telecom Tbk.
Sebagai salah satu kelompok usaha Sinarmas, PT Smartfren Telecom Tbk (“Smartfren” / IDX: FREN), merupakan satu-satunya perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia yang beroperasi di jaringan 4G sepenuhnya. Dengan wilayah cakupan jaringan nasional, dan lebih dari 45.000 BTS 4G yang tersebar di lebih dari 285 kota di seluruh Indonesia, Smartfren telah didaulat menjadi official telco partner untuk brand-brand smartphone global ternama serta pelopor berbagai inovasi produk seperti layanan Voice-over-LTE (VoLTE) dan SIM Digital (eSIM) di Indonesia.
Smartfren juga menghadirkan pengalaman layanan data yang fleksibel melalui pilihan kartu perdana dan paket data untuk pengguna di berbagai kalangan seperti Smartfren Unlimited Harian, Unlimited Nonstop, 1ON+, dan Gokil Max. Smartfren menawarkan pengalaman komunikasi internet terbaik dengan harga yang terjangkau bagi konsumen, serta solusi bisnis, layanan digital, dan inovasi lainnya yang membantu mengembangkan Indonesia yang lebih baik. (Irma Dyan Saputri/Ciba Gangga/Antok Wesman-Impessa.id)