Event

Dinas Kebudayaan Daerah Isimewa Yogyakarta Sajikan Pergelaran Catur Sagatra, Jumat, 22 Juli 2022, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Dinas Kebudayaan Daerah Isimewa Yogyakarta Sajikan Pergelaran Catur Sagatra, Jumat, 22 Juli 2022, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Dinas Kebudayaan Daerah Isimewa Yogyakarta Sajikan Pergelaran Catur Sagatra, Jumat, 22 Juli 2022, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Impessa.id, Yogyakarta, 20 Juli 2022 – Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta menampilkan gelar budaya Pergelaran Catur Sagatra pada Jumat malam, 22 Juli 2022, di Bangsal Kepatihan Kompleks Kantor Gubernur DIY. Catur Sagatra merupakan konsep pertalian trah Mataram Islam antara Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Keraton Kasunanan Surakarta, Pura Pakualaman dan Pura Mangkunegaran.

Awal diselenggarakan perhelatan rutin  budaya  adiluhung ini, berawal dari  gagasan empat Raja  Jawa, masing-masing, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Sri Paduka  Paku Alam VIII,  Sri Susuhunan  Pakuwono XII dan Sri  Mangkunegara VIII. Hingga kini Pergelaran Catur Sagatra sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun.

Gelar Budaya tersebut menampilkan tarian adiluhung dari masing-masing Kraton, sebagai berikut, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan tarian Bedhaya Mintaraga, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan tarian Bedhaya Ratu, Pura Pakualaman dengan tarian Bedhaya Wasita Nrangsemu serta Pura Mangkunegaran dengan tarian Bedhaya Ladrang Mangungkung.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi SS MA. mengatakan bahwa masing-masing tarian itu merupakan tarian yang sangat istimewa dan sarat makna, seperti halnya Tarian Bedhaya Mintaraga yang ditampilkan oleh Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan tari sangat istimewa karena diilhami dari serat Lenggahing Harjuna yang ditulis langsung oleh Sri Sultan HB X.

“Kegiatan ini sangat penting untuk pelestarian warisan budaya termasuk didalamnya upaya mengenalkan khasanah budaya di Yogyakarta dan Surakarta secara luas pada masyarakat. Dalam kegiatan gelar budaya ini selain sebagai pusat pengembangan budaya, empat Kraton dinasti Mataram di Yogyakarta dan Surakarta terus menjaga dan melestarikan budaya yang diwariskan leluhur. Momentum ini sangat strategis dan tepat mengenalkan warisan budaya berupa seni tari yang harus dilestarikan oleh semua pihak,” jelas Dian Laksmi Pratiwi.

Pergelaran Catur Sagatra tahun 2022 berlangsung di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, pada Jumat, 22 Juli 2022 pukul 19.30 WIB. “Hanya saja Kegiatan ini bersifat terbatas dan dapat disaksikan secara live streaming di kanal You Tube resmi Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan akun tasteofjogja,” tutup Dian. (Adm/Antok Wesman-Impessa.id)