Event

Pengenalan 30 Finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2021

Pengenalan 30 Finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2021

Pengenalan 30 Finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Setelah mengikuti serangkaian acara yang melelahkan, 30 calon Dimas Diajeng Kota Yogyakarta terpilih dari ratusan yang mendaftar, memasuki tahapan Karantina selama tiga hari, mulai Rabu hingga Sabtu (9-11 Juni 2021) dan puncak pemilihan berupa Grand Final Dimas Diajeng Kota Yogyakarta berlangsung Sabtu malam (12/6/2021) pukul 19.00 WIB, di Ballroom Grand Inna Malioboro dengan undangan terbatas, namun keluarga dan masyarakat dapat menyimak langsung proses pemilihan tersebut secara virtual di kanal YouTube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada waktu bersamaan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko SE MM saat proses pengenalan ke-30 finalis Dimas Diajeng itu kepada wartawan bertempat di Hotel Tara Jalan Magelang, Rabu Siang (9/6/2021) menuturkan, ajang pemilihan Dimas Diajeng merupakan salah satu upaya bagi Kota Yogyakarta untuk tetap bisa mem-branding citra aura positip pariwisata mengingat pariwisata menjadi urat nadi sektor perekonomian sehingga Pemerintah Kota Yogyakarta menanganinya secara serius.

“Kami berharap ke-30 finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta yang terpilih ini yang notabene adalah anak muda millennial yang melek teknologi informasi dan sosial media, merupakan kekuatan tersendiri sehingga mampu berperan aktif dan persuasif mempromosikan pariwisata Kota Yogyakarta secara nasional-global, mengingat Kota Yogyakarta telah mempunyai program Yogowes ke Kampung Wisata, Monalisa (Menikmati Harmoni Jogja dengan Lima Jalur Sepeda Wisata), dan berbagai Festival Kampung Wisata,” ujar Wahyu Hendratmoko.

Dikatakan, pemilihan Dimas Diajeng Kota Jogja yang dilakukan setiap dua tahun sekali itu merupakan upaya dalam memberikan persuasi kepada generasi muda di Yogyakarta, terhadap pengembangan pariwisata dan peletarian budaya. Selain memilih anak muda Jogja menjadi ikon pariwisata juga men jadi role model bagi anak-anak muda yang peduli terhadap kemajuan pariwisata dengan segala dinamikanya di Kota Yogyakarta.

Dalam pada itu, Walikota Yogyakarta H Haryadi Suyuti melalui sambutan tertulis terkait terpilihnya 30 finalis Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2021, menyampaikan bahwa Dimas Diajeng adalah perwujudan luasnya wawasan dan kecintaan terhadap budaya masyarakat sehingga Dimas Diajeng sudah sewajarnya mengetahui dan menguasai seluk-beluk Kota Yogyakarta sehingga dapat bercerita tiap point menariknya dalam kaca mata dunia.  

“Pada ajang Dimas Diajeng ini, menuntut kerja keras dan kedisiplinan adik-adik dalam rangka mengembangkan wawasan dan pengetahuan mengenai Kota Jogja, serta juga berbagai ilmu yang patut dipelajari, agar generasi muda selalu memiliki cakrawala pemikiran yang luas, di samping keterampilan dan keluwesan dalam menjadi Duta Wisata dan Duta Budaya Kota Yogyakarta,” ungkap Walikota Haryadi Suyuti.

Ditambahkan, kemajuan sebuah kota atau negara berada dalam genggaman para pemudanya. Untuk menguatkan kapasitas pariwisata Kota Yogyakarta, diperlukan peran-serta penuh para pemuda. Generasi muda yang dinamis merupakan agent of change yang potensial, sebagai sumber daya kreatif yang dituntut selalu melahirkan ide-ide kreatif baru, agar dapat mengambil langkah ke depan dalam kancah persaingan dunia.

Saat ini dengan dinamika dunia pariwisata yang semakin kompetitif serta menghadapi tantangan yang sangat berat karena ada pandemi global, Dimas Diajeng kiranya juga mengemban tugas dan amanah yang semakin berat. Kepribadian yang kuat tidaklah cukup untuk menjawab tantangan kontemporer pariwisata Jogja, kita juga membutuhkan sosok generasi muda yang paham tata krama dan subasita, punya visi global, komunikatif dan atraktif, serta memiliki jembaring kawruh, dan diharapkan mampu menjadi perekat seluruh stakeholder pariwisata dalam membangun citra positif Kota Yogyakarta. Hal ini penting untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pariwisata berkelanjutan terhadap pembangunan nasional melalui kerjasama berbagai pihak.

Dalam kesempatan temu media tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengungkapkan rencana peluncuran gagasan inovasi brilian Sport Tourism yang diinisiasi pihaknya bernama MONALISA -Menikmati Harmoni Jogja dengan Lima Jalur Sepeda Wisata, pada tanggal 12 Juni dan 19 Juni 2021.

“Launching MONALISA bertujuan untuk menambah length stay wisatawan di Yogyakarta dengan bersepeda menelusuri lima jalur pariwisata di Kota Yogyakarta, blusukan ke kampung-kampung wisata, dipandu tour leader disetiap rutenya masing-masing, menikmati kuliner local dan juga mengikuti workshop di kampung wisata yang disasar. Pengalaman Baru yang perlu dialami oleh setiap wisatawan karena menjadi kesan lebih mendalam saat berkunjung di Kota Yogyakarta,” ungkap Wahyu Hendratmoko.

Malam puncak pemilihan Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2021, dimeriahkan dengan tarian pembuka oleh 30 finalis Dinas Diajeng Kota Yogyakarta 2021 bersama Putri Kumala Devianti dan Ryan Permana Nur Muhammad, selaku Dimas Diajeng Kota Yogyakarta 2019, serta Michela Thea, Diajeng Wakil II Kota Jogja 2019, dihibur oleh Nadhaskara band. (Uul Jihadan/Antok Wesman-Impessa.id)