Ekonomi-Bisnis

SOLEVACATION 6.0, A Brighter Season, Event Sneakers Di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, 27-30 Mei 2021

SOLEVACATION 6.0, A Brighter Season, Event Sneakers Di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, 27-30 Mei 2021

SOLEVACATION 6.0, A Brighter Season, Event Sneakers Di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, 27-30 Mei 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Masa pandemi yang tak kunjung usai, tak lantas membuat para pelaku industri kreatif lokal menyerah begitu saja. Langkah-langkah adaptif terus dilakukan untuk beradaptasi dengan situasi yang merupah pola konsumsi masyarakat terhadap brand lokal. Para pelaku industri kreatif yang lokal yang terus-terus berpikir secara kreatif dalam beradaptasi di masa-masa sulit inilah yang akhirnya menginspirasi Solevacation, sebagai sarana pemberdayaan industri kreatif khususnya brand lokal di Indonesia untuk kembali menyelenggarakan eventnya.

Mengusung tema “A Brighter Season” secara harafiah diartikan sebagai “Masa yang Lebih Cerah”, Solevacation 6.0 hendak mewakili harapan dan kepercayaan para pelaku industri kreatif lokal Tanah Air bahwa keadaan ekonomi dan laju perkembangan industri kreatif lokal segera membaik. Gabriel Bayu selaku Co-Founder Solevacation, mengimplementasikan semangat adaptif dan kreatif dari para pelaku industri kreatif Indonesia ke dalam sebuah tema yang mempunyai makna mendalam, harapan datangnya hari esok yang lebih baik dalam perkembangan industri kreatif lokal di masa pandemi.

Dr Tirta Mandira Hudhi selaku founder & project leader Solevacation, meyakini bahwa event Solevacation 6.0 jauh lebih baik dan berhasil, baik dalam segi antusias pengunjung dan peserta event, pun juga dalam penerapan protokol kesehatan yang pada perhelatan sebelumnya telah dapat dijalankan dengan maksimal. Event Solevacation 6.0 mendapat dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai sebuah sarana pemberdayaan yang efektif dan kongkrit terhadap laju perkembangan industri kreatif lokal Tanah Air.

General Manager Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Surya Ananta dalam sambutan pada Press Conference Solevacation 6.0 “A Brighter Season”, di Pendapa Agung Ambarrukmo, Senin, 24 Mei 2021, menyampaikan rasa terimakasih segenap pengelola Plaza Ambarrukmo atas partisipasi Tim Solevacation berikut anak-anak muda pengisinya pada penyelenggaraan yang ke-enam kalinya yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang membidangi UKM -Usaha Kecil Menengah, sebagai visi-misi Pemerintah yang harus kita sambut bersama, dimana mulai saat ini ekonomi harus berjalan dengan baik dan dimulai dari UKM dalam hal ini dimjulai oleh rekan-rekan muda yang tergabung kedalam gelaran Solevacation 6.0 kali ini.

“Mengingat masih dalam masa pandemi, maka ProKes tetap menjadi hal yang utama kami perhatikan, agar perhelatan berlangsung lancar, aman dan nyaman, melalui persiapan yang matang mulai dari pendaftaran peserta hingga pngunjung masuk ke venue, sesuai ProKes yang telah ditetapkan Pemerintah, sehingga bisnis berjalan dengan baik dan sukses,” demikian Surya Ananta menekankan.

Dalam pada itu Gabriel Bayu selaku Co-Founder Solevacation menuturkan, “Kali ini kami mempersiapkan sistem cara masuknya terstruktur secara baik dan rapi, bekerjasama dengan beberapa pihak, dimana calon pengunjung mendaftar terlebih dahulu di Loket.com memilih jadwal kunjungannya untuk hari dan jam-nya. Setiap pengunjung dibatasi durasi di dalam venue hanya dua jam saja, dan disetiap slot kunjungan kami batasi untuk 600 orang saja. Hal itu untuk mengontrol kemungkinan timbulnya kerumunan di area pameran.

“Menjawab tingginya semangat anak-anak muda kreatif produsen brand lokal di Tanah Air, diantaranya dari Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Malang dan Surabaya. Kami selaku panitia festival mewadahi antusiasme mereka melalui Solevacation 6.0 yang tak lepas dari pengawasan Tim Satgas Covid DIY,” ungkap Bayu, sapaan akrabnya.

Terkait menurunnya pembelian secara off-line serta tiadanya event tatap-muka, karena adanya keterbatasan-keterbatasan peraturan akibat pandemi Covid-19, Bayu menjelaskan, “Hal itu menjadi kendala tersendiri bagi produsen brand local dalam meraih target penjualan produknya. Kali ini kami bekerjasama dengan toko online, memberikan solusi alternatif untuk transaksi jual-belinya, dimana setiap gerai dalam hal ini berjumlah 60 peserta, dilengkapi dengan live streaming via Google Play,” ungkapnya.

“Setiap harinya ada lima slot kehadiran mulai dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam, dan masing-masing slot dibatasi sebanyak 600 orang. Untuk On the Spot itu tergantung jumlah kuota yang sudah terregistered, maka sisanya dari pembatasan masimal 600 yang boleh masuk ke area festival, di setiap slot-nya,” imbuh Bayu.

Menurutnya, di masa pandemi ini penyelenggaraan Solevacation 6.0 mempunyai tujuan, untuk jangka pendeknya ingin meningkatkan laju perekonomian lagi, sedangkan untuk jangka panjangnya sebagai wadah penyaluran brand-brand lokal agar mendapatkan market yang lebih luas.

Solevacation merupakan sebuah community-based sneakers & local brand festival yang telah berdiri sejak 2018 dan digagas oleh Dr Tirta Mandira Hudhi dan Gabriel Bayu. Solevacation 6.0 “A Brighter Season” merupakan event besar ke-enam dari SOLEVACATION, digelar pada tanggal 27 hingga 30 Mei 2021, di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Diikuti oleh 60 tenant dengan total presentase brand lokal yang terdiri dari sneakers local dan clothing brand lokal mencakup 70% dari keseluruhan tenant dari beberapa daerah di seluruh Indonesia.

Brand-brand lokal nasional yang berpartisipasi diantaranya, Hope.OC, Boss Martin, Contrust Footwear,  Parimas Batik, Communion, SAC, Melipir Coffee, Locarpetcraft, CDCK, Fresher 55, Elfamous, FSC, Patrobas, Kyo Conspiracy, 3Stripes.Id, Steeze, Familias, Horny Cupcakes, Dev.Ito, Pov by Kala, Starcross, Steady Head, Centan22, Throox, Bankey.Id, Rown Division, Noski Sock, Ten Us, Fake Lab, Force Hype, Benefit Store, Hate World Wide, Yeszy, Flymax, Loryside, Racam Space, Ro Glasses, Be Gold, Stay Cool, Jonny Co, Untelier, Stepmate, dan Le Travail.

Salah satu event sneakers dan lokal brand festival terbesar tak hanya di Indonesia namun juga di kawasan Asia Tenggara tersebut berambisi menjadi sarana pemberdayaan industri kreatif lokal yang mampu membangkitkan perekonomian Indonesia di masa krisis pandemi. “Embrace the Light; A Brighter Season is Coming. SOLEVACATION, Balance of The Senses”. (Gabriel Bayu/Indra Gunawan/Antok Wesman-Impessa.id)