Event

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Gelar Syawalan dan Halal Bi Halal Dalam Keberagaman

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Gelar Syawalan dan Halal Bi Halal Dalam Keberagaman

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Gelar Syawalan dan Halal Bi Halal Dalam Keberagaman

Impessa.id, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri -UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan perayaan Syawalan dan Halal Bi Halal dalam bingkai keberagaman umat beragama di Indonesia, bertempat di kampus UIN Sunan Kalijaga, 18/5/2021, jam 10.00 WIB hingga selesai. Perayaan Idul Fitri 1442 H tersebut terbuka untuk diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, maupun masyarakat internasional melalui Zoom Meeting.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Al Makin mengatakan, Syawalan dan Halal Bi Halal dalam perspektif kesadaran keberagaman beragama menjadi spesial dan penting karena UIN Sunan Kalijaga mengundang enam tokoh berbagai agama di Indonesia, yakni, tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu, dan Aliran Kepercayaan. 

“Dalam acara tersebut, para tokoh dipersilahkan berkomentar dan membandingkan dengan perayaan hari-hari besar dalam agama lain. Para tokoh tersebut juga dipersilahkan berbicara tentang makna Idul Fitri dari banyak perspekstif dalam pemikiran keagaman mereka. Bagaimana makna Idul Fitri menurut pemikiran Nyepi atau Galungan umat Hindu. Makna Idul Fitri dalam perspektif Natal umat Kristen/Nasrani/Katolik. Makna Idul Fitri dalam perayaan Kuningan umat Konghucu, atau bagaimana pemikiran Idul Fitri menurut Aliran Kepercayaan. Forum ini Istimewa, karena UIN Sunan Kalijaga mencoba memahami Hari Raya Idul Fitri dari berbagai perspektif tradisi keagamaan di Indonesia,” ungkap Rektor UIN Suka.

“Para tokoh berbagai agama itu diberi kesempatan berbicara secara singkat, karena dilanjutkan denngan menyaksikan performance musik Biola dari berbagai macam tradisi di Nusantara, mulai dari lagu-lagu Jawa hingga Aceh. Yang jelas Idul Fitri saatnya merayakan, bergembira, sekaligus mengundang umat beda agama, tradisi istimewa dalam bingkai kesadaran keberagaman,” imbuh Prof Al Makin.

Prof. Al Makin mengajak segenap masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia untuk mengikuti acara itu bergabung melalui aplikasi Zoom Meeting dengan link: https://zoom.us/j/91541856990?pwd=S3h6UWNaUzZKaVFPOTg4aG5LdDdSQT09. disertai Meeting ID: 915 4185 6990 dan Passcode: 528816 (Weni-Humas UIN Suka/Antok Wesman-Impessa.id)