Ekonomi-Bisnis

WISH Smartwatch Karya Anak Bangsa Indonesia Secara Resmi Diluncurkan Minggu, 14 Februari 2021

WISH Smartwatch Karya Anak Bangsa Indonesia Secara Resmi Diluncurkan Minggu, 14 Februari 2021

WISH Smartwatch Karya Anak Bangsa Indonesia Secara Resmi Diluncurkan Minggu, 14 Februari 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, PT. Widya Imersif Teknologi yang bergerak di bidang IoT (Internet of Things) turut mendukung program percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi dengan memperkenalkan produk yang bernama Wish Smartwatch di Yogyakarta, yang resminya diluncurkan secara daring di kanal YouTube WISH for Health Minggu (14/02/2021), dipandu MC cantik Indria Sastrotomo.

Alwy Herfian Satriatama selaku Co-Founder Widya Indonesia menuturkan, dunia sekarang sudah berubah jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, “Saat ini kita menyebutnya The New Normal, atau Tatanan Kehidupan Baru. Walaupun terjadi the New Normal, tetapi tim kami tidak pernah menyerah, kami justru terus maju untuk dapat mengimbangi perubahan-perubahan yang ada, kami menyebutnya Embrace the New Normal," tuturnya.

"Sesuai dengan visi dan misi perusahaan yaitu Connecting Device, Enhancing Human Life, kami bekerja dengan sangat keras, untuk menyediakan solusi-solusi pintar yang dapat mendukung kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Dengan mengedepankan kualitas hidup disetiap pekerjaan yang kami lakukan, kami ingin selalu memberikan yang terbaik melalui solusi-solusi yang selalu kami tawarkan,” ungkap Alwy.

Walaupun PT. Widya Imersif Teknologi belum genap satu tahun, namun dengan semangat solusi yang tinggi, maka WISH smartwatch yang harganya 3-juta-250-ribu Rupiah tersebut hadir, bukanlah smartwatch biasa, namun smartwatch yang merupakan sebuah catatan baru dan sebuah solusi untuk era saat ini.

“Smartwatch ini merupakan sebuah solusi pintar yang sudah hadir ditengah-tengah kita semua. Smartwatch ini mengedepankan kesehatan penggunanya dan dapat dijadikan sebuah solusi hidup sehat untuk disetiap kehidupan kita. Bersamaan dengan momentum Kasih Sayang, maka WISH samartwatch dapat dijadikan sebuah simbol yaitu bentuk kasih sayang kita, kepedulian kita terhadap diri sendiri, maupun orang-orang yang kita sayangi,” ujar Alwy.

“Sering kita dengar bahwa kesehatan itu nilainya sangat tak terhingga, tidak bisa dibalas dengan hal yang lain, namun WISH hadir sebagai bentuk kepedulian untuk mendukung hal tersebut, untuk mendukung kesehatan kita dan orang-orang yang kita sayangi,” imbuhnya lebih lanjut.

Hadir di tengah masyarakat dengan tema “Gift for Your Healthy Life”, WISH memudahkan  pengguna memonitor kesehatan diri dengan mengusung teknologi AI dan IoT, dengan harapan mampu menjadi benchmark untuk memonitor kesehatan masa kini, terlebih di tengah pandemi yang sudah berjalan lebih dari setahun. Jam tangan pintar tersebut merupakan produk inovasi teknologi ketiga yang ditawarkan oleh Widya Imersif Teknologi, perusahaan rintisan yang didirikan oleh inovator teknologi Kiwi Aliwarga.

WISH memfasilitasi pengguna untuk lebih fokus pada kesehatan diri karena WISH memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya terdepan di kelasnya, di antaranya kemampuan  mendeteksi penyakit melalui beberapa parameter dan hasil record kondisi tubuh yang dapat diakses melalui smartphone secara real-time.

Suatu  kebanggaan bagi bangsa Indonesia, mengingat WISH merupakan karya anak bangsa yang memiliki fitur canggih dan mampu bersaing di skala global, terlebih WISH sudah di-review dan direkomendasikan oleh beberapa dokter ternama di Indonesia, seperti dr Hasto Wardoyo Sp.OG yang menjabat Kepala BKKBN, Dr dr Brian Sriprahastuti MPH sebagai Tenaga Ahli Utama KSP RI, dan dr Tirta yang juga aktif sebagai influencer.

Fistyan Ikhsan selaku Chief Technology Officer PT Widya Imersif Teknologi, menjelaskan beberapa fitur unggulan dari WISH smartwatch;

  1. Mampu mendeteksi keadaan tubuh pengguna melalui beberapa indikator. Dengan  menggunakan smartwatch WISH,  pengguna  dapat  memonitor  kondisi  tubuh  dengan  parameter suhu tubuh, detak  jantung, oksigen dan tekanan darah, kadar kolesterol dan  gula darah, tingkat stress, jumlah kalori terbakar, hingga pemantauan jam tidur. Beberapa indikator ini nantinya dikombinasikan dengan Citra Lidah melalui kecerdasan buatan dan menghasilkan notifikasi kecenderungan beberapa tendensi penyakit. Lengkapnya fitur yang disematkan membuat pengguna lebih aware dengan kesehatannya.
  2. Covid-19 symptom checker dan sistem peringatan dini. Pada smartphone, pengguna dapat melakukan langkah asesmen Covid-19 pada menu “Evaluate your health from Covid-19”. Pemantauan ciri-ciri terpapar Covid-19 diambil dari sensor suhu tubuh dan hasil pengukuran oksigen dalam darah. Dengan terintegrasinya fitur monitoring tubuh, WISH mampu mendeteksi  kondisi  tubuh  abnormal  pengguna,  di  mana  ketika  terdeteksi  kondisi  anomali  dapat langsung melakukan konsultasi telemedicine dengan dokter untuk diagnosis lebih lanjut di start-up ProSehat, dengan rujukan tindakan selanjutnya.
  3. Terintegrasi dengan layanan telemedicine Pengguna dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter melalui chat maupun video call tanpa harus mendatangi klinik atau rumah sakit. Riwayat medical record memudahkan dokter dalam memberikan diagnosis dan memberikan resep obat atau rujukan yang tepat.
  4. Fitur geofencing untuk keamanan. Kesehatan Geofence membantu pengguna untuk mengetahui apabila ada pengguna WISH lain dengan suhu tubuh abnormal di radius 30 meter. Indikator akan menunjukkan titik  merah,  sehingga  pengguna  dapat  lebih  waspada  dengan  area tersebut dan memperketat protokol kesehatan.
  5. Design modern, classy, dan tahan air Bergaya modern, WISH tersedia dengan pilihan warna body jam black dan rose gold, dan lima pilihan warna strap. Cocok dipadupadankan dengan berbagai fashion item di semua kalangan umur dan event spesial, dari casual hingga acara formil seperti meeting kantor atau acara pernikahan. WISH  juga dilengkapi waterproof system yang mendukung kegiatan indoor dan outdoor, termasuk aktivitas berenang.
  6. WISH smartwatch juga dapat digunakan secara kelompok, sehingga dapat diimplementasikan di lingkungan kantor, guna memudahkan perusahaan memantau kondisi kesehatan karyawan.

Dr dr Brian Sriprahastuti MPH sebagai Tenaga Ahli Utama KSP RI, merekomendasikan pemakaian WISH Smartwatch buatan anak bangsa untuk keseharian. Sedangkan dr Hasto Wardoyo Sp.OG yang menjabat Kepala BKKBN menilai kehadiran WISH Smartwatch sangat ideal karena dapat menghitung kalori dan langkah bagi para jogger, sementara itu dr Tirta yang juga aktif sebagai influencer menganjurkan masyarakat agar memakai WISH Smartwatch sebagai alternatif jaga kesehatan ditengah pandemi. (Prehapsari/Antok Wesman-Impessa.id)