Event

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bantu Sekolah Kembangkan Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bantu Sekolah Kembangkan Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bantu SD Muhammadiyah Kalangan, Banguntapan, Bantul, Kembangkan Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19

Impessa.id, Yogyakarta: Wabah Covid-19 telah mengakibatkan banyak sekolah harus bersiasat untuk mengembangkan pembelajaran daring, seperti halnya yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Muhammadiyah Kalangan, Banguntapan, Bantul.

Sekolah Dasar Muhammadiyah Kalangan, Banguntapan, Bantul kini mengembangkan pembelajaran multimedia, sepenuhnya didukung oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan memberikan bantuan paket video pembelajaran dan peralatan multimedia daring pada Jum’at (22/5/2020).

Bantuan paket, video pembelajaran dan peralatan multimedia daring tersebut dalam bimbingan Tim pengabdian UMY yang diketuai Budi Dwi Arifianto dengan anggota Fajar Junaedi, selama tiga bulan.

Kepala sekolah SD Muhammadiyah Kalangan, Banguntapan, Bantul, Andi Budi Rahmawanto menyatakan bahwa bantuan dari UMY sangat membantu proses pembelajaran di sekolahnya. “Program pengabdian UMY sangat berguna dalam pembelajaran online serta multimedia di sekolah,” tuturnya.

Andi Budi Rahmawanto menambahkan bahwa video pembelajaran yang dibuat telah dimanfaatkan untuk pembelajaran daring dengan di-unggah di akun YouTube resmi sekolah. “SD Muhammadiyah Kalangan kami proyeksikan menjadi sekolah unggulan dan menyenangkan dengan didukung konten pembelajaran multimedia,” imbuhnya.

Ketua Tim Pengabdian UMY, Budi Dwi Arifianto menyatakan bahwa program pengabdian sudah dilakukan sejak Februari 2020. “Program pengabdian masyarakat ini sudah kami mulai sejak bulan Februari. Di tengah-tengah pelaksanaan program, terjadi pandemi Covid-19 sehingga kami memodifikasi program pengabdian agar sesuai dengan kebutuhan sekolah,” jelas Dosen Ilmu Komunikasi UMY.

Budi Dwi Arifianto menambahkan bahwa video pembelajaran yang diserahkan adalah video yang diproduksi di Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY dengan talent para guru dari SD Muhammadiyah Kalangan. “Program pengabdian yang bertema pembuatan media pembelajaran multimedia untuk Sekolah Dasar ini merupakan rangkaian pengabdian skema persyarikatan yang dijalankan dengan bantuan UMY melalui Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M),” tutupnya. (Sofia BHP.UMY/Antok Wesman-Impessa.id)