Feature

PESTA BONEKA Ke-9 SEEDS OF HOPE Berlangsung Di Kampoeng Media Resort Sleman, 23-27 Oktober 2024

PESTA BONEKA Ke-9 SEEDS OF HOPE Berlangsung Di Kampoeng Media Resort Sleman, 23-27 Oktober 2024

PESTA BONEKA Ke-9 SEEDS OF HOPE Berlangsung Di Kampoeng Media Resort Sleman, Yogyakarta, 23-27 Oktober 2024

Impessa.id, Yogyakarta: Program Workshop dan Pertunjukan dari Jae Sirikarn (Thailand) di TK & PAUD Taman Bahagia PESTA BONEKA #9 “Seeds of Hope” resmi di mulai Rabu, 23 Oktober 2024 di Kampoeng Media Resort Sleman, Yogyakarta.

Sebagai salah satu program dari rangkaian festival lima hari, PESTA BONEKA bekerjasama dengan TK & PAUD Taman Bahagia yang berlokasi di dekat lokasi kegiatan. Seniman PESTA BONEKA berbagi pertunjukan juga lokakarya kepada siswa siswi sekolah tersebut. Program itu merupakan salah satu cara PESTA BONEKA untuk memfasilitasi seniman yang ingin berinteraksi secara langsung dengan komunitas yang ada di Yogyakarta.

Program Workshop dan Pertunjukan dari Jae Sirikarn (Thailand) di TK & PAUD Taman Bahagia Jae Sirikarn Bunjongtad mementaskan pertunjukan berjudul “A Snail” yang bercerita tentang perjalanan seekor siput dalam sebuah perlombaan, pertunjukan ini mengingatkan kita untuk merayakan individualitas dan merangkul langkah kita sendiri. Jae menggunakan koper sebagai panggung dan mengeksplorasi tekanan untuk menyesuaikan diri dan meraih kesuksesan.

Pertunjukan “Tomte” oleh Tom Lee (Amerika Serikat)

Pertunjukan oleh Tom Lee berjudul Tomte, menjadi pertunjukan pertama yang diadakan di Kampoeng Media Resort. Pada hari pertama dan kedua, terdapat masing-masing satu seniman setiap harinya. Tom Lee adalah seorang seniman boneka, desainer, dan sutradara yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat. Ia memulai karirnya di La MaMa Experimental Theater di New York. Karya-karyanya sering mengeksplorasi sintesis antara objek yang dimanipulasi, miniatur, dan figure boneka dengan film dan animasi.

Pertunjukan Tomte yang dihadirkan di PESTA BONEKA #9 menceritakan tentang Tomte, seorang kurcaci yang merawat rumah dan kebun seseorang, meskipun mereka tidak pernah melihatnya. Di suatu malam yang dingin di musim salju, Tomte mengajarkan kita pentingnya kebaikan dan memelihara semua makhluk hidup.

Pertunjukan “Tomte” oleh Tom Lee (Amerika Serikat)

Tomte membawa penonton pada pengalaman visual yang menghangatkan, bagaimana kebaikan dan ketulusan seseorang, meskipun tidak tampak namun bisa membuat orang lain bahagia. Di setiap pertunjukan di PESTA BONEKA, diikuti oleh sesi bincang bersama seniman penampil.

Tom Lee bercerita tentang latar belakang pertunjukan ini, berasal dari cerita asal Swedia yang sering ia bacakan kepada kedua anak pertamanya. Menggabungkan visual dari proyektor, seni bayangan, serta boneka dengan teknik bunraku, Tom Lee membawa penonton kepada sebuah perjalanan yang mengingatkan kembali kepada hal-hal baik yang terjadi di sekitar kita.

Dua program di hari pertama itu menggambarkan bagaimana PESTA BONEKA #9 “Seeds of Hope”, menjadi ruang berbagi kebaikan dan harapan kepada sesama melalui seni teater boneka.

PESTA BONEKA #9 “Seeds of Hope” berlangsung pada 23 hingga 27 Oktober 2024 di Kampoeng Media Resort Yogyakarta. Info lebih lanjut mengenai festival ini silahkan mengunjungi sosial media di instagram Pesta Boneka atau langsung mengunjungi www.pestaboneka.com

PESTA BONEKA#9 “Seeds of Hope” didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Direktorat Museum dan Cagar Budaya serta Indonesia Heritage Agency. Didukung pula oleh IFI Yogyakarta, Goethe-Institut Indonesian, La forêt, Slovak Arts Council, Japan Foundation, Dinas Pariwisata Sleman-Sleman Creative Weeks melalui Dana Keistimewaan, Sekolah Murid Merdeka, Beacon Film, & Ruci Art Space serta Kampoeng Media sebagai official venue partner dan Artotel Yogyakarta sebagai official hotel partner. (Meyda Bestari/Antok Wesman-Impessa.id)