Feature

Pelukis Asal Bali ARYA DEDOK lakukan Ritual Seni Meriahkan HK Fun Run 2024, Di Alun-Alun Magelang

Pelukis Asal Bali ARYA DEDOK lakukan Ritual Seni Meriahkan HK Fun Run 2024, Di Alun-Alun Magelang

Pelukis Asal Bali ARYA DEDOK lakukan Ritual Seni Meriahkan HK Fun Run 2024, Di Alun-Alun Magelang

Impessa.id, Yogyakarta: I Made Arya Dwita Dedok yang akrab disapa ARYA DEDOK, perupa kelahiran Bali yang bermukim di Japunan Mertoyudan Magelang, kembali melakukan ritual seni memeriahkan event HK Fun Run 2024 di alun-alun Magelang, Minggu 20 Oktober 2024 pagi. Ditengah ribuan peserta lari yang memadati jalan protokol di depan alun-alun Magelang, Arya Dedok menarikan manusia pohon sebagaimana ikon-nya selama ini sebelum kemudian melukis on the spot.

Lewat karyanya kali ini Dedok menvisualkan energi positif semangat Pangeran Diponegoro yang secara kebetulan lokasinya melukis on the spot persis berada di depan Patung Pangeran Diponegoro naik kuda di alun-alun Magelang. “Secara kebetulan pula, saya lahir dan besar di Jalan Diponegoro Denpasar Bali, dan sekarang saya tinggal di lokasi rumah Pangeran Diponegoro Magelang," ungkap Arya Dedok.

Ditambahkan Dedok, “Sebuah kebetulan ini mempertemukan jiwa dan raga dalam mengolah rasa berkesenian, sehingga karya saya menggambarkan sosok sang pahlawan itu”. Spirit perjuangan yang ada pada sosok Pangeran Diponegoro kemudian dipadukan dengan semangat HK dalam membangun dan mengembangkan bisnis toko emas sejak berdiri pada 1 Desember 1918. Sampai sekarang diusianya yang ke-106 pada 1 Desember 2024, HK berkomitmen untuk 'berlari menuju langkah ke-emasan' sebagaimana tema event HK Fun Run 2024.

Merepresentasikan tema tersebut, Arya Dedok menggambarkan sosok super hero dunia seperti Batman, Gatotkaca, Superman, hingga 'super hero' HK, dan tentu sosok manusia pohon penuh cinta yang menjadi ikon sang pelukis, berlatar belakang sang pahlawan Pangeran Diponegoro. Diberi judul 'Spirit Diponegoro Langkah Keemasan', lukisan on the spot acrylic di atas kanvas berukuran 150cm X 200cm itu pun diselesaikan Arya Dedok sekira 60 menit.

Ritual seni yang dilakukan Arya Dedok memang bukan kali ini saja dilakukannya. Sudah banyak kali event semacam dijalani Arya Dedok sebagai ibadahnya berkesenian. Sebelumnya Arya Dedok sukses dengan gelaran yang sama di event Nawasanga Forest Art Camp#9 yang diselenggarakan di Candimulyo Magelang.

Jauh sebelumnya, melukis Garuda of Love from Prambanan bersama puluhan umat Hindu warga Desa Pasek Gelgel Bali saat menggelar doa bersama di Candi Prambanan Yogyakarta, Sabtu 17 Agustus 2024. Pada Aksi Seni Kejadian Catus Pata, yang dihelat Arya Dedok pada Senin 10 Juni 2024 di perempatan Pasar Rejowinangun Magelang Jawa Tengah, karya on the spotnya langsung sold out.

Saat itu karya yang dilukisnya dalam waktu 34 menit, yang kemudian dijuduli 'Peh Cun Catus Pata in Love' dipinang kolektor seni Magelang, tak lain dan tak bukan pemilik dan penerus Toko Mas HK Mustika Gold Magelang, Slamet Santoso.

Pada ritual seninya tersebut, Arya Dedok berharap keberuntungan juga datang pada karyanya 'Spirit Diponegoro Langkah Keemasan' “Ya namanya ritual, semua dijalani dengan sepenuh hati dan penuh cinta, soal lain hanya otoritas Sang Kuasa," jelas Arya Dedok, usai merampungkan lukisannya.

Event HK Fun Run 2024 digelar untuk mengajak masyarakat bergaya hidup sehat, tetap fun dan tidak melelahkan karena rutenya tidak terlalu panjang, hanya mengelilingi Kota Magelang. HK Fun Run 2024 2024 terbagi dalam tiga kategori lomba yakni 10 K, 5 K dan 2,5 K khusus bagi peserta yang berusia maksimal 15 tahun. Yang menarik bukan saja kehadiran guest start Gisella Anastasia, tetapi juga grand prize berupa emas 10 gram beserta ratusan doorprize yang menyenangkan. (I Gede Arya Sucitra/Antok Wesman-Impessa.id)