Feature

RSKIA SADEWA Ajak Wanita Ikuti POUNDFIT Di Plaza SO 1 Maret KM Nol Yogyakarta, Minggu Pagi, 29 September 2024

RSKIA SADEWA Ajak Wanita Ikuti POUNDFIT Di Plaza SO 1 Maret KM Nol Yogyakarta, Minggu Pagi, 29 September 2024

RSKIA SADEWA Ajak Wanita Ikuti POUNDFIT Di Plaza SO 1 Maret KM Nol Yogyakarta, Minggu Pagi, 29 September 2024

Impessa.id, Yogyakarta: Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak -RSKIA SADEWA mengajak kaum wanita mengikuti olahraga POUNDFIT SADEWA Wellness Center bertajuk “Music Brings Happiness and Promotes Health” pada Minggu, 29 September 2024 pukul 7 s.d 11 WIB di Plaza Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Kilometer Nol Yogyakarta.

dr Dwi Rizki K. Tianotak, selaku Case Manager di IVF dan Wellness Center Program RSKIA Sadewa, kepada Impessa.id menuturkan Poundfit Sadewa memang tujuannya untuk memberikan edukasi, sosialisasi lebih terbuka kepada seluruh wanita usia produktif, yang belum menopause, tidak membatasi hanya yang sudah menikah, yang belum menikah ataupun yang sudah melahirkan dan belum melahirkan, tetapi untuk seluruhnya yang masuk usia 20 sampai 35 tahun, walaupun memang tidak kita sertakan, di flyer maupun di google-form.

dr. Tian, sapaan akrabnya, menuturkan, melalui tema “Music Brings Happiness and Promotes Health”, dengan lebih mendahulukan happiness, karena kesehatan mental menjadi dasar, untuk kesehatan fisik dan ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan reproduksi wanita.

“Jadi itulah yang memang mau kita angkat, bahwa aktifitas fisik olahraga itu tidak berat, bisa dilakukan dengan menyenangkan, melalui olahraga Poundfit ini, karena sebagai wanita itu kita harus aware kalau kita itu makhluk dengan banyak hormon yang berpengaruh, dengan pikiran, jadi kita harus bahagia biar sehat. Makanya dengan olahraga Poundfit ini sekaligus memperkenalkan secara keseluruhan kalau kita punya olahraga yang menyenangkan, mulailah dengan kegiatan yang menyenangkan dan sederhana, seperti Poundfit, untuk membuat kita itu sehat, baik secara fisik terutama reproduksinya,” ungkap dr. Tian.

Sebanyak 70-an peserta yang mendaftar ditambah panitia, sehingga sekitar 100-an wanita yang mengikuti Poundfit yang dipandu oleh empat Pro masing-masing, Pro Farah, Pro Nunna, Pro Zein dan Pro Winda, jumlah itu sudah ideal dengan area yang mencukupi, tidak terlalu berdesakan, mengingat olahraga Poundfit membutuhkan ruang yang agak longgar agar semuanya nyaman.

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur RSKIA Sadewa, dr Joko Hastaryo, M.Kes, mengatakan bahwa olahraga Poundfit di selenggarakan dalam rangkaian kegiatan merayakan Hari Ulang Tahun Ke-20, Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak -RSKIA Sadewa, Babarsari, Catur Tunggal, Depok, Sleman, yang puncaknya jatuh pada bulan 7 Februari 2025.

“Dalam perjalanannya, RSKIA Sadewa cukup banyak program-program pelayanan yang terus dikembangkan, intinya adalah bagaimana menhyiapkan perempuan-perempuan di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk bisa melanjutkan keturunan atau regenerasi. Mulai dari pemeriksaan sebelum menikah atau pra-nikah, kem,udian ada ANC bagi yang sudah hamil, kemudian melahirkan atau persalinan, kemudian juga bahkan pelayanan bagi ibu-ibu atau mbak-mbak yang mengalami masalah terhadap kehidupan khususnya dikaitkan dengan masalah organ reproduksi,” ujarnya.

“Bagi yang kesulitan mendapatkan keturunan pun kita juga ada Promil, Program Hamil di RSKIA Sadewa. Cukup banyak melayani Program Hamil atau ingin anak, akan tetapi RSKIA Sadewa ini ciri khas-nya adalah biaya yang terjangkau, tidak mahal. Bahkan sekarang ada program khusus dari dr. Agung Dewanto, spesialis obsgin konsultan atau sub-spesialis Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi -FER. Kemudian ada program pelayanan kepada ibu-ibu atau mbak-mbak yang mungkin ada masalah dengan dengan organ reproduksinya setelah mendapatkan keturunan dalam jangka panjang, untuk mendeteksi kemungkinan adanya kanker leher rahim, penyakit yang cukup banyak diidap oleh kaum perempuan.RSKIA Sadewa punya program yang namanya Deteksi Dini Kanker Leher Rahim beserta vaksinasinya. Kemudain yang sedang dikembangkan adalah SADEWA Wellness Center mengingat mbak-mbak atau ibu-ibu yang barusan bersalin ada kalanya kurang memperhatikan masalah penampilan, padahal aslinya cantik, tapi setelah hamil sembilan bulan lebih, kemudian melahirkan, kadang-kadang tidak memikirkan aspek penjagaan penampilannya dan Wellness Center ini memberikan layanan, baik saat hamil, maupun setelah melahirkan, untuk tetap bisa tampil keren,” imbuh dr. Joko.

Dr. (H.C) dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), dokter Spesialis Kandungan, sempat meluangkan waktunya sejenak dari kesibukannya, menyapa seluruh peserta olahraga Poundfit di plaza Serangan Umum 1 Maret KM Nol Yogyakarta, langsung melontarkan beberapa pertanyaan kepada yang hadir. Dalam pada itu terungkap bahwasanya sejak perempuan itu lahir maka didalam tubuhnya sudah membawa 1.2 juta telur dan kemudian telur-telur itu akan berkurang drastis manakala perempuan itu mengalami menstruasi sehingga telur yang dibawanya tinggal 350-ribu butir dan penurunan jumlah telur itu semakin drastis di usia 38 tahun, dan di usia 40 tahun sangat rendah jumlah telurnya, sehingga dapat disimpulkan jika perempuan itu ingin hamil maka harus dikejar sebelum usia 40 tahun. Di akhir pertemuan yang singkat itu dr Hasto melontarkan sebuah pertanyaan berhadiah sepeda sport yang seketika direspon meriah, dan Dea (34 tahun) berhasil memenangkannya.

Dalam talkshow “Seputar Kesehatan Reproduksi dan Mental Wanita”, Gayatri H. Putri., S.Psi, psikolog klinis, berbagi tip cara mengelola stress, mjulai dari stress yang paling rendah hingga stress yang sudah tinggi. Diungkapkan bahwa stress itu adalah reaksi psikologis serta fisik ketika individu dihadapkan pada suatu tekanan, sehingga penangannya harus mengenai kedua aspek tersebut, psikologis dan fisik.