Event

UAJY Sukses Gelar International Cross Cultural Day 2024 Melibatkan Sembilan Negara

UAJY Sukses Gelar International Cross Cultural Day 2024 Melibatkan Sembilan Negara

UAJY Sukses Gelar International Cross Cultural Day 2024 Melibatkan Sembilan Negara

Impessa.id, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta -UAJY melalui Kantor Kerja sama dan Promosi -KKP sukses menggelar acara International Cross Cultural Day -ICCD 2024 pada Sabtu, 21 September 2024, di Lobby Lippo Plaza Mall, Yogyakarta. ICCD 2024 merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis UAJY ke-59 dengan mengusung tema “Step Out and Go Beyond” sebagai ajakan untuk memperluas wawasan lintas budaya.

ICCD 2024 menampilkan booth kuliner khas sembilan negara yakni, Amerika Serikat, Denmark, Filipina, Jepang, Laos, Malaysia, Pakistan, Prancis, dan Timor Leste. Setiap booth diisi oleh mahasiswa asing yang sedang berkuliah di UAJY dan memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk mencicipi berbagai hidangan otentik dari berbagai penjuru dunia. Selain booth dari negara asing, ada juga perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia yang turut berpartisipasi dalam acara itu.

Salah satu highlight dari ICCD 2024 adalah kehadiran booth IDP Counselor, lembaga yang menjembatani mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Booth IDP Counselor menjadi daya tarik bagi para pengunjung terkait dengan informasi mengenai peluang beasiswa dan studi ke luar negeri.

“Sangat menyenangkan, sejauh ini banyak negara yang mewakili di sini, masing-masing berbagi budaya dan makanan khas mereka, kemudian nanti akan ada pertunjukan, dan saya juga akan membawakan cerita. Jadi, tunggu saja!,” ujar Avirelle, salah satu mahasiswa dari Amerika Serikat.

ICCD 2024 juga menggelar workshop "Producing Natural Fragrance Sachets” dipandu oleh Sophie Mou, M.E.M dari Nanjing Xiaozhuang University. Workshop diadakan pada sesi pertama dan mengundang antusiasme para peserta yang tertarik dengan produk-produk berbahan alami. Acara semakin meriah dengan diadakannya lomba cosplay anime dan fashion show yang menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi kalangan generasi muda. Berbagai kostum kreatif dan gaya busana yang unik ditampilkan di panggung, menciptakan suasana yang penuh warna dan energi.

ICCD 2024 dibuka dengan gendang Jawa dipimpin langsung oleh Rektor UAJY, Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M. Rektor Nurhartanto menyampaikan pentingnya acara tersebut sebagai wadah untuk memperkuat pemahaman lintas budaya, serta mendorong mahasiswa untuk terus melangkah keluar dari zona nyaman dan mengembangkan potensi mereka di kancah global.

“Kesan pesannya, acara ini luar biasa soalnya bisa mencoba berbagai makanan dari negara lain kaya di Perancis ada coba crepesnya terus Denmark ada cobain minumannya, abis itu di Laos kopinya enak banget,” ujar Selly Monica, salah satu pengunjung ICCD.

ICCD 2024 berhasil menjadi ajang yang tidak hanya memperkenalkan budaya asing, tetapi juga memperkuat ikatan antara mahasiswa internasional dan lokal di UAJY, serta menumbuhkan semangat keberagaman dan keterbukaan dalam berinteraksi dengan dunia luar. (Humas UAJY/Antok Wesman-Impessa.id)