Event

UAJY Kirim 75 Tangki Air Bersih Untuk Warga GIRISUBO Gunung Kidul

UAJY Kirim 75 Tangki Air Bersih Untuk Warga GIRISUBO Gunung Kidul

UAJY Kirim 75 Tangki Air Bersih Untuk Warga GIRISUBO Gunung Kidul

Impessa.id, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta -UAJY,, bekerjasama dengan Pemerintah Kapanewon Girisubo, memberikan bantuan sebanyak 75 tangki air bersih berkapasitas 6.000 liter, untuk masyarakat Kapanewon Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (19/9/24). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis ke-59 UAJY dan secara simbolis, bantuan itu diserahkan oleh Wakil Rektor II UAJY dan LPPM kepada Panewu Anom Girisobo serta Carik Kalurahan Pucung yang mewakili tujuh Kalurahan di Girisubo.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II UAJY, Samiaji Sarosa, M.I.S., Ph.D. berharap agar bantuan yang diberikan dapat bermanfaat. “Kami mewakili Universitas Atma Jaya Yogyakarta ikut berperan untuk bisa sedikit membantu masyarakat Kapanewon Girisubo menghadapi kemarau. Semoga bantuan kami berupa air bersih ini bisa diterima dengan baik dan bermanfaat,” ujarnya.

Drs. A. Wibowo Nugroho Jati, MS selaku Wakil Ketua LPPM mengatakan bahwa jaringan PAM sudah masuk ke Kapanewon Girisubo, tetapi tidak semua masyarakat mendapatkan air tersebut. Oleh karena itu, UAJY memberikan bantuan air bersih agar masyarakat Girisubo tidak mengalami kekurangan air di musim kemarau. "Kami memilih Kapanewon Girisubo karena Masyarakat yang tersebar di 7 Kalurahan ini sebagian besar mengalami kesulitan air bersih pada saat musim kemarau seperti sekarang ini," ujarnya.

Panewu Anom Girisubo, Mugiyanto, S.IP, MM. berharap agar masyarakat Kapanewon Girisubo tidak lagi mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Kami atas nama pemerintah Kapanewon Girisubo menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya atas bantuan berupa air bersih sebanyak 75 tangki ini. Semoga pengeluaran untuk membeli air dapat digunakan untuk keperluan lain karena adanya bantuan ini,” ucap Mugiyanto.

Carik Pucung, Eko Sujarno, S.AB, M.Sos juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan dari UAJY dan dirinya berharap agar kedepannya, kerjasama antara UAJY dengan kalurahan-kalurahan di Kapanewon Girisubo dapat terus terjalin bahkan di berbagai aspek.

Sukini (60), Salah satu warga yang mendapatkan bantuan air dari UAJY, mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah bersyukur, dibantu Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Disini kekeringan karena air yang dari bawah nggak bisa ke atas, sudah dua tahun ini air nggak keluar, jadi harus beli. Ada bantuan dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, saya bersyukur,” ungkapnya. (Humas UAJY/Antok Wesman-Impessa.id)