Feature

Yayasan TCKN Gelar NJAGONG BUDAYA Mengulik HANOMAN Bersama Peter Carrey dan Romo Banar Dipandu Ayu Cornellia

Yayasan TCKN Gelar NJAGONG BUDAYA Mengulik HANOMAN Bersama Peter Carrey dan Romo Banar Dipandu Ayu Cornellia

Yayasan TCKN Gelar NJAGONG BUDAYA Mengulik HANOMAN Bersama Peter Carrey dan Romo Banar Dipandu Ayu Cornellia

Impessa.id, Sleman, Yogyakarta, 9 September 2024: Crista Tri Rahayu selaku Ketua Yayasan Taman Cipta Karya Nusantara -TCKN menuturkan, TCKN merupakan yayasan pendidikan dan sosial yang bertujuan memberikan dampak positif kepada masyarakat, sedangkan The Lilliput World merupakan bagian dari TCKN yang merupakan sekolah anak usia dini yang menggunakan kombinasi metode ‘Montessori’, Taman Siswa (Ki Hajar Dewantara) dan Living Values Education, yang sarat dalam akulturasi budaya Jawa di Jogja.

(Crista Tri Rahayu - Ketua Yayasan Taman Cipta Karya Nusantara)

Selain The Lilliput World, yang mengenalkan filosofi pembelajaran metode Montessori, beberapa kegiatan dibawah naungan Yayasan TCKN lainnya antara lain; The Bridge Academy sebagai wadah pembelajaran bagi calon guru. Kemudian, bagian dari The Bridge Academy terdapat Parents Community yang menjadi wadah pembelajaran para orang tua Lilliput untuk memperkaya ilmu pengetahuan mengenai perannya sebagai orang tua, dalam bentuk training, talkshow, workshop yang dilaksanakan dengan pembahasan metode/ filosofi Montessori.

Kegiatan selanjutnya merupakan Social Service, beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu diantaranya donor darah, pemeriksaan kesehatan untuk warga lansia sekitar gedung, komunitas purna migran, para pekerja konstruksi di gedung Hanoman, warga sekitar wilayah desa Bulaksalak, hingga health talk dengan asrama putri Sanjaya Fondation. Kegiatan Social Service tersebut melibatkan berbagai volunteers nasional dan internasional, mahasiswa maupun profesional, individu maupun lembaga. Terakhir merupakan Nusa International Hospitality Course (NIHC) yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata.

Pada Senin, 9 September 2024, TCKN menyelenggarakan sarasehan dengan judul ‘Njagong Budaya’ dengan tema ‘Hanoman and the Ramayana: Insight and Lessons for Indonesia’ dengan pembicara Dr. Peter Brian Ramsay Carey MBE yang hadir via Zoom dan Romo Gregorius Subanar SJ yang membahas bagaimana tokoh Hanoman berkaitan dengan budaya dan nilai-nilai kontemporer yang selaras dengan visi misi TCKN. Dialog tersebut dipandu oleh Dr. Ayu Cornellia, Founder Cornellia Co PR Marketing Agency dan acara berlanngsung di ruang Nusantara, gedung Hanoman. 

Sarasehan itu diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Literasi Internasional dan Ulang Tahun Ke-3 Yayasan TCKN bertepatan pada tanggal 8 September, dan rangkaian soft opening gedung baru ‘Hanoman’ yang menjadi pusat kegiatan pendidikan dan sosial yayasan disatu tempat.

TCKN yang mengedepankan nilai-nilai respect, responsibility, goodwill, integrity, equality, dan positivity dalam setiap kegiatannya tentunya dapat menjadi wadah siapapun untuk menimba dan berbagi ilmu antara komunitas, yayasan, baik individual maupun lembaga. Gedung "Hanoman" terinsiprasi dari tokoh legendaris dalam Ramayana yang melambangkan kekuatan, kebijaksanaan, kesetiaan, keberanian dan pengabdian. Hanoman juga mencerminkan filosofi pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi TCKN.

Pada Sabtu, 7 September 2024, kegiatan diawali dengan sambutan dari Christopher Drake dilanjutkan oleh Crista Trirahayu selaku Ketua Yayasan TCKN, dilanjutkan pemukulan gong oleh Gusti Bendara Pangeran Haryo -GBPH H Prabukusumo, sebagai tanda simbolik soft opening gedung Hanoman, selanjutnya berdoa bersama lima tokoh agama. Pembukaan dimeriahkan oleh penampilan tarian tradisional dari RM Widaru Krefianto Darmawan serta live music.

Pada Minggu, 8 September 2024, perayaan terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi formal pukul 10.00-12.00 WIB yang diawali dengan sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan kirab/parade dari gedung lama (Joglo) menuju gedung baru, upacara pembukaan dan tour gedung baru.

Kegiatan selanjutnya merupakan presentasi oleh Crista mengenai Yayasan TCKN, kemudian diakhiri dengan penampilan spesial dari Woro Mustiko dengan lagu-lagu bernuansa Jawa. Sesi acara informal diikuti oleh murid serta orang tua dari The Lilliput World untuk merayakan pembukaan gedung baru dengan berbagai permainan dan kegiatan interaktif lainnya.

Diharapkan melalui kegiatan itu, dapat memperkuat komitmen TCKN dalam mendukung pendidikan dan kegiatan sosial yayasan, serta menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

Informasi lebih lanjut mengenai Yayasan Taman Cipta Karya Nusantara -TCKN, yang beralamatkan di jalan Wonokerso, Ngetiran, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, silakan klik Instagram @tamanciptanusantarakarya. (Nada Tania/Antok Wesman-Impessa.id)