Event

ARTJOG 2024, 28 Juni Hingga 1 September, Di Jogja National Museum, Menelusuri Masa Lalu, Membayangkan Peristiwa Masa Depan

ARTJOG 2024, 28 Juni Hingga 1 September, Di Jogja National Museum, Menelusuri Masa Lalu, Membayangkan Peristiwa Masa Depan

ARTJOG 2024, 28 Juni Hingga 1 September, Di Jogja National Museum, Menelusuri Masa Lalu, Membayangkan Peristiwa Masa Depan

Impessa.id, Yogyakarta: Festival seni kontemporer ARTJOG diselenggarakan pada 28 Juni - 1 September 2024 di Jogja National Museum, Yogyakarta, mengusung tema “Motif: Ramalan”, untuk membedah batasan waktu, ruang, serta hubungan keduanya dalam memahami sebuah peristiwa.

Heri Pemad selaku founder didampingi Bambang Toko dan dipandu Gundi, dalam Media Gathering di Artotel Jakal Yogyakarta, Kamis (20/6/2024), menuturkan, ARTJOG 2024 menampilkan karya-karya 48 seniman dewasa individu maupun kelompok dari dalam dan luar negeri (30 seniman undangan dan 18 seniman panggilan terbuka), serta 36 seniman anak dan remaja yang lolos seleksi.

"Sebagai kelanjutan seri Motif pada tahun sebelumnya, tema “Motif: Ramalan” dirancang oleh tim kurator ARTJOG dan kurator tamu Hendro Wiyanto, penulis dan kurator asal Jakarta, untuk mengajak seniman menelusuri sejarah masa lalu dan kemungkinan peristiwa masa depan. Secara khusus ARTJOG mengundang Agus Suwage dan Titarubi sebagai seniman komisi untuk merespon dan menerjemahkan tema yang diangkat, dan ditampilkan pada fasad ARTJOG," ungkap Heri Pemad.

"Selain itu, ARTJOG juga mengundang penari Rianto dan musisi Risky Summerbee & The Honeythief beserta 57 seniman penampil lainnya untuk mempresentasikan gagasan dan ide kekaryaan dalam program performa•ARTJOG x Bakti Budaya Djarum Foundation", imbuh Bambang Toko.

Sebagai upaya untuk mendorong dan memperluas kesadaran mengenai kesetaraan yang sudah dimulai 2 tahun lalu, tahun ini ARTJOG meluncurkan program baru bersama Pusat Layanan Disabilitas -PLD bertajuk Love ARTJOG. Semangat itu tidak hanya terbatas pada akses pelayanan dan fasilitas semata, namun juga secara aktif melibatkan kawan-kawan difabel dalam beberapa program, seperti pameran, tur pameran, dan pertunjukan.

Selama penyelenggaraan, ARTJOG 2024 - Motif: Ramalan, menghadirkan program-program pendukung, yaitu Young Artist Award, ARTJOG Kids, performa•ARTJOG, Exhibition Tour, Meet the Artist, Artcare, dan Jogja Art Weeks. Program Merchandise Project tahun ini menawarkan kolaborasi baru bersama ONXIDEA Studio, KICKYOURBUTT Project, Blasu Studio, dan Sweda.co.

Tiket masuk ARTJOG bisa didapatkan melalui website dan loket di lokasi dengan harga Rp 75.000,00 (dewasa) dan Rp 50.000,00 (anak 6-15 tahun). Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui media sosial dan website www.artjog.id. (Salsabila Daniswara/Antok Wesman-Impessa.id)