Event

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar Open House Idulfitri, Selasa, 16 April 2024

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar Open House Idulfitri, Selasa, 16 April 2024

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar Open House Idulfitri, Selasa, 16 April 2024

Impessa.id, Yogyakarta (13/04/2024) – Empat kali absen karena pandemi Covid-19 sejak tahun 2020, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta kini kembali gelar open house guna mewadahi masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Acara silaturahmi ini dilaksanakan pada Selasa 16 April 2024, di Bangsal Kepatihan, kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat, Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji mengatakan, Idulfitri tahun 2024, Pemda DIY menampung 3000 orang untuk bersilaturahmi kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Selain Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, nantinya para masyarakat yang datang juga ditemui oleh istri Gubernur DIY, GKR Hemas dan istri Wakil Gubernur DIY, GKBRAA Paku Alam.

Undangan ini bersifat terbuka bagi seluruh masyarakat yang ingin bersilaturahmi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, tanpa dipungut biaya apapun. Masyarakat dipersilahkan datang tanpa syarat, namun demikian harus tetap mengikuti aturan-aturan yang berlaku seperti berpakaian bebas, namun tetap rapi dan sopan serta menjaga ketertiban.

"Kami secara terbuka mengundang seluruh masyarakat untuk dapat hadir bersilaturahmi dengan Ngarsa Dalem dan Kanjeng Gusti. Masyarakat dipersilahkan datang dengan memakai dresscode rapi dan sopan kemudian dilarang mengambil foto atau selfie di atas Bangsal Kepatihan dengan beliau-beliau. Ini untuk menjaga ketertiban bersama dan agar tidak memperlama antrian." ujar Ditya pada Sabtu (13/04).

Lebih lanjut Ditya menjelaskan, acara berlangsung selama tiga jam, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Selama tiga jam tersebut dibagi menjadi tiga sesi per 1 jam sekali, dengan maksud agar antrian bisa lebih tertib dan lebih kondusif. Ditya mengatakan acara tersebut juga diharapkan mampu mempererat silaturahmi antara masyarakat dengan pimpinan daerah. Mengingat sudah empat tahun acara ini tidak digelar, Ditya menyebut ajang silaturahmi ini juga sebagai pengobatan rindu pimpinan daerah untuk langsung menyapa warganya.

Masyarakat yang datang dijamu dengan sajian-sajian kuliner tradisional DIY seperti soto ayam, mie jawa goreng/rebus, nasi liwet, aneka jenang dan aneka minuman. Usai bersalaman dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masyarakat dipersilahkan untuk menikmati jamuan yang telah disediakan secara prasmanan. Ditya menyebut Pemda DIY berupaya memberikan suguhan terbaik bagi masyarakat untuk mendukung acara silaturahmi ini sehingga masyarakat juga bisa menikmati acara dengan lebih nyaman.

Ditya menambahkan, apabila tidak sempat hadir, masyarakat juga bisa menyaksikan acara silaturahmi tersebuti melalui kanal YouTube Humas Pemda DIY, JITV dan instagram Humas Jogja. "Kami berharap acara ini berjalan lancar dan tertib. Semoga acara ini bisa mengobati kerinduan masyarakat untuk bisa bertemu langsung dengan Gubernur dan Wakil Gubernur. Apalagi ini kan sudah absen selama 4 kali dari tahun 2020 hingga 2023 karena pandemi covid-19. Monggo kepada masyarakat, kami persilahkan rawuh, dengan tetap tertib,” tutup Ditya. (Humas Pemda DIY/Antok Wesman-Impessa.id)