Event

Orkes Keroncong Sakpenake Hibur Pengunjung ASEAN Tourism Forum 2023 di JEC

Orkes Keroncong Sakpenake Hibur Pengunjung ASEAN Tourism Forum 2023 di JEC

Orkes Keroncong Sakpenake Hibur Pengunjung ASEAN Tourism Forum 2023 di JEC

Impessa.id, Yogyakarta: Penampilan Orkes Keroncong (OK) 'Sakpenake' di panggung pendukung pameran beragam produk kreatif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari rangkaian Asean Tourism Forum (ATF) di Jogja Expo Center (JEC) Jalan Janti Yogyakarta, Kamis (2/2/23) mampu membangun komunikasi dan menghibur pengunjung.

Dalam ATF 2023 yang berlangsung Kamis-Minggu (2-5/23), tampilan OK 'Sakpenake' selain membawakan lagu-lagu beragam mulai dari lpop Jawa, pop Indonesia yang dibawakan dengan aransemen berirama keroncong, juga melemparkan gojekan segar yang dapat mengocok perut penonton.

Adegan seru itu antara lain, ketika penampilan Luwi Darto duet bersama Harin Sumonah membawakan lagu jenaka 'Ayo Nggyu' dapat membangun komunikasi dan interaksi dengan para penonton. Luwi Darto, ketika menyanyi turun panggung mengajak penonton untuk ‘ngguyu’.

Harin Sumonah dan Luwi Darto, saat melantunkan lagu pop Jawa 'Jogja Istimewa' dan 'Full Senyum' kian menciptakan suasana ‘gayeng’ secara spontan bahkan sebagian penonton ikut berdansa pula.

Selain Luwi Darto, Harin Sumonah, juga Yuliono 'Singsot' ikut tampil menyanyi membawakan lagu pop Indonesia 'Andaikan Kau Datang', 'Berita Kepada Kawan', dan lagu karya sendiri berjudul 'Kopi Reggae' diproduksi oleh Prima Founder Record dan Publishing.

Luwi Darto mengatakan, OK 'Sakpenake' didukung oleh Basriman (gitar melodi), Beni (selo), Wisnu (cuk), Surajiman (cak), Dalbo (gitar bas), Deva (saxophone), Andy Amrullah (biola) bersama penyanyi di atas pentas mempunyai kemampuan berimprovisasi menciptakan suasana segar dan membuat penonton terhibur.

Prinsip, ketika personel OK 'Saakpenake' tampil di atas pentas semua bisa riang gembira. "Maksudnya, baik pemusik, penyanyi yang tampil di atas panggung maupun para penonton harus senang," tutur Luwi Darto, usai tampil menyanyi di JEC Yogyakarta, Kamis malam (2/2/23).

Luwi Darto memaparkan, selama ini OK 'Sakpenake' Yogyakarta tampil untuk berbagai acara menghibur perhelatan resepsi pernikahan, pembukaan pameran seni rupa, peluncuran produk, festival keroncong dan ‘event’ di Yogyakarta.

"Bisa tampil dalam acara internasional ATF 2023, di JEC Yogyakarta, merupakan ruang ekspresi yang menyenangkan. Karena itu, OK Sakpenake, menggunakan konsep dengan mengembangkan spirit keroncong mampu membawakan berbagai jenis lagu yang dikemas kekinian sesuai tuntutan zaman," ujar Luwi Darto. (Khocil Birawa/Antok Wesman/Impessa.id)