Ekonomi-Bisnis

Menikmati Kuliner Raja di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center

Menikmati Kuliner Raja di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center

Menikmati Kuliner Raja di The Alana Yogyakarta Hotel and Convention Center

Impessa.id, Yogyakarta: Ragam kuliner Yogyakarta telah dikenal oleh berbagai wisatawan maupun masyarakat lokal yang tinggal di Yogyakarta, seperti gudeg dan bakpia. Selain itu ada juga menu makanan lain yang mengandung makna yang bersejarah dari Keraton Yogyakarta. Setiap raja yang pernah memimpin Keraton Yogyakarta memiliki makanan kegemarannya masing-masing. Makanan-makanan ini dikenal sebagai Kersanan Dalem.

“Kersanan”, dalam bahasa Jawa, memiliki arti kegemaran. Kata “Dalem” digunakan oleh masyarakat Yogyakarta untuk menyebut raja. Maka dari itu, padanan kata Kersanan Dalem secara harfiah dapat diartikan sebagai “kegemaran raja”. Kersanan Dalem terdiri dari kumpulan menu masakan kegemaran raja di Keraton Yogyakarta. Kersanan Dalem memiliki nilai filosofi tersendiri bagi Keraton maupun masyarakat Yogyakarta.

The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center menghadirkan menu spesial, Kersanan Dalem, yang terdiri dari roti jok (makanan pembuka), gecok ganem (sup), delapan jenis makanan utama berupa nasi jagung, urap-urap, urip-urip gulung, tim piyik, dendeng age, peyek teri, keripik belut, dan tidak lupa sambal terasi. Tentunya, terdapat hidangan penutup yang tidak kalah menarik, seperti prawan kenes. Makanan-makanan ini disajikan dalam satu wadah berbentuk mainan tradisional dakon dengan konsep rijsttafel.

Tujuh jenis makanan di atas, dihadirkan sebagai makanan kegemaran Sri Sultan Hamengkubuwono VII hingga X. Seperti tim piyik dan urip-urip gulung yang menjadi hidangan kegemaran Sri Sultan Hamengkubuwono VII; roti jok, dendeng age, dan prawan kenes yang menjadi hidangan kegemaran Sri Sultan Hamengkubuwono VIII; gecok ganem yang menjadi hidangan kegemaran Sri Sultan Hamengkubuwono IX; dan urap sebagai hidangan kegemaran Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Seluruh paduan nasi, sayur, daging, dan makanan manis bercampur menjadi satu menu yang sempurna. Dengan hadirnya menu ini, masyarakat dapat merasakan sensasi kuliner kerajaan dengan penuh nuansa dan rasa Yogyakarta yang kental.

“Kersanan Dalem menjadi menu yang mampu merepresentasikan kuliner dengan nuansa tradisi Yogyakarta, terutama Keraton Yogyakarta. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis menjadi kombinasi rasa yang memberikan sensasi luar biasa. Harapannya dengan sajian kuliner kegemaran Raja ini menjadi sebuah alternatif pilihan berkuliner di The Alana Yogyakarta”, ujar Merlin P. Manulang selaku General Manager The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center.

Menu Kersanan Dalem dapat dinikmati dengan harga IDR 200.000 nett/2 person setelah melakukan reservasi di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center melalui 0882-1551-3420 atau 0274-888800. Segera reservasi dan temukan kuliner nuansa kerajaan di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. (Wiwied A Widyastuti/Antok Wesman-Impessa.id)