Ekonomi-Bisnis

Jogja Festivals Forum & Expo Digelar Secara Hybrid Di JEC, 16-18 November 2021

Jogja Festivals Forum & Expo Digelar Secara Hybrid Di JEC, 16-18 November 2021

Jogja Festivals Forum & Expo Digelar Secara Hybrid Di JEC, 16-18 November 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Jogja Festivals Forum & Expo -JFFE memasuki perhelatan ketiga yang diselenggarakan secara hybrid di Jogja Expo Center pada 16 hingga 18 November 2021. Dalam media gathering di Nol Kilometer Coffee & Tea Yogyakarta, Bram Satya selaku Ketua Jogja Festivals Forum Expo 2021 bersama Heri Pemad sebagai Ketua Jogja Festivals, didampingi Dinda Intan Pramesti Putri selaku Direktur Pelaksana Jogja Festivals dan Ipe Swawipra, Perwakilan Pekerja Event Jogja, menuturkan, JFFE 2021 bertujuan sebagai ruang temu berbagai pemangku kepentingan festival baik dari dalam maupun luar Yogyakarta, untuk mengidentifikasi permasalahan dan solusi atas penyelenggaraan festival, dengan semangat penyesuaian adaptasi kebiasaan baru, sekaligus berusaha menjawab tantangan situasi sosial dan ekonomi festival saat ini.

JFFE 2021 diselenggarakan oleh Jogja Festivals, sebuah platform strategis untuk mengembangkan ekosistem festival pertama di Indonesia. Platform Jogja Festivals di inisiasi oleh 15 festival di Yogyakarta sejak 21 September 2014 dan diresmikan secara sah pada 9 Maret 2017. Saat ini Jogja Festivals menjadi wadah bagi lebih dari 70 festival yang ada di Yogyakarta, baik yang di inisiasi secara organik oleh seniman, pelaku kreatif, maupun didorong oleh Pemerintah Daerah. Jogja Festivals juga melibatkan diri menjadi bagian advokasi dalam membangun ekosistem festival di dalam dan di luar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat selaku Penasihat Jogja Festivals secara virtual mengatakan bahwa “Festival adalah cara laku budaya para seniman dengan bahasa festival dimana kekuatannya adalah organik dimana tanpa bantuan pemerintah pun kita dapat berjalan secara independen. Jangan pernah berhenti, semua pasti ada jalan. Kita harus bisa melaksanakan acara dengan tetap mematuhi aturan.”

Penyelenggaraan JFFE 2021 yang berlangsung di tengah pandemi menjadi pengingat bahwa pandemi mempengaruhi seluruh kegiatan sosial, termasuk keberlangsungan penyelenggaraan festival. Sudut pandang ini menjadi penting untuk diberikan perhatian khusus, terutama pada peningkatan kekuatan jaringan festival serta regulasi penyelenggaraan festival pascapandemi.

JFFE 2021 hadir sebagai wadah untuk meningkatkan kekuatan festival serta jaringannya sehingga dapat bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, baik pegiat dan pelaku festival, komunitas kreatif, pemerintah pusat dan daerah, akademisi dan institusi pendidikan, asosiasi perhotelan, travel dan transportasi, pemilik venue dan kebutuhan panggung, hingga para pebisnis kuliner dan souvenir yang terlibat dalam keberlangsungan festival.

Wadah sinergi JFFE 2021 dihadirkan dalam dua kegiatan besar yang secara konsisten dilakukan setiap tahunnya yaitu, forum dan expo. Selama tiga hari ada simposium, talkshow, focus group discussion, serta sharing & hearing session yang dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 16 hingga 18 November 2021 di Jogja Expo Center. Kegiatan expo dilaksanakan bersamaan dengan forum dengan tema “Festival Pop-Up Expo” yang melibatkan festival-festival yang ada di Yogyakarta, dan diselenggarakan di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta.

Pada forum hari pertama ada penguatan kolaborasi festival di tingkat internasional yang mengusung tema ekosistem festival sebagai destinasi, diplomasi, hingga kesigapan festival di masa pascapandemi. Forum hari kedua dilaksanakan dengan pemangku kepentingan di tingkat nasional, yang membahas realitas virtual yang dialami saat ini serta hubungannya dengan lanskap festival nasional. Pada hari terakhir ada penguatan regulasi di tingkat daerah untuk menguatkan regulasi festival pada keadaan pandemi Covid-19 atau setelah pandemi dianggap berakhir, sehingga festival dapat berjalan sesuai dengan aturan serta protokol kesehatan.

Program-program JFFE 2021 dapat diakses oleh publik secara daring melalui halaman website www.jogfestforumexpo.com melalui fitur Live Now. “Cita-cita kita bersama agar Yogjakarta menjadi ekosistem yang sangat welcome bagi seluruh festival di Indonesia dapat ternaungi di Yogyakarta. Dengan ini, kami harap Yogyakarta dapat menjadi kota acuan festival di Asia Tenggara dan juga di dunia,” ujar Bram.

Menurutnya, Festival itu menjadi katalisator ekonomi negara, bahkan di tingkat Asia Tenggara pun sama begitu. Dengan bersatu, kami dapat mengutarakan jika ada regulasi yang tidak tepat untuk festival-festival. Untuk menaikkan festival-festival di Jogja ke kancah internasional, pemerintah yang memiliki power perlu untuk support.

Heri Pemad menambahkan, “Di Jogja ini yang menarik adalah festival-festival didukung infrastruktur oleh penggiat di sekitarnya dari berbagai komunitas lain. Sinergi ini kami harap dapat membawa Jogja sebagai standar untuk festival pascapandemi secara nasional maupun internasional.”

“Benar-benar dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi agar Jogja Festivals dapat menjadi wadah serta etalase bagi festival di dalamnya. Kami dari Pekerja Event Jogja berharap bahwa Jogja dapat menjadi kota tujuan festival maupun kota barometer festival agar bisa menjadi patokan bagi festival lain di Indonesia,” imbuhnya.

Tentang Jogja Festivals

Jogja Festivals sebagai satu-satunya platform strategis untuk festival di Indonesia, didirikan pada 21 September 2014 dan diresmikan pada tanggal 9 Maret 2017 oleh 15 Festival yang aktif berpartisipasi dalam proses kreatif yang mewarnai dinamika di Yogyakarta. Sampai saat ini Jogja Festivals telah memberikan berbagai kontribusi nyata terhadap pertumbuhan minat kunjungan festival sebagai salah satu aktivitas sosial yang berdampak pada pertumbuhan dampak penyelenggaraan festival dalam ragam perspektif: sosial, ekonomi, infrastruktur, pendidikan, seni dan kebudayaan. Jogja Festivals terus belajar dan membuka berbagai kemungkinan kerjasama dalam upaya meningkatkan kualitas Yogyakarta sebagai kota festival dunia.

Laman Resmi: www.jogjafestivals.com | Facebook, Twitter & Instagram: JogjaFestivals (Akbar/Antok Wesman-Impessa.id)