Feature

Festival Kaktus dan Succulent Skala Nasional 2021, Di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta

Festival Kaktus dan Succulent Skala Nasional 2021, Di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta

Festival Kaktus dan Succulent Skala Nasional 2021, Di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta

Impessa.id, Yogyakarta: Festival Kaktus dan Succulent Skala Nasional berlangsung tiga hari, Jum’at, Sabtu. Minggu (4-6 Juni 2021) di Lantai 2, Hall A dan B, Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, menyajikan 15 Gerai dari berbagai Penghobi Tanaman Gurun tersebut di Daerah Istimewa Yogyakarta, bahkan ada yang datang dari luar Jogja.

 

Hahan Nur Alim selaku Ketua CSSI – Cactus and Succulent Society Indonesia Chapter Yogyakarta menuturkan tujuan digelarnya festival Kaktus dan Succulent secara nasional untuk yang ketiga kalinya itu. “Jumlah peserta pada festival 2021 ini meningkat lebih banyak dibandingkan pada penyelenggaraan sebelumnya, dan festival ini bertujuan untuk memicu, sebagai oenyemangat bagi para penggiat Kaktus dan Succulent, mulai dari pemulia hingga UMKM, agaer ambience cinta tanaman gurun tetap terjaga,” ujar Ha Han.

“Selain itu, ada yang lebih penting, bahwasanya keragaman hayati tanaman Kaktus dan Succulent aseli Tanah Air itu potensinya sangat tinggi, begitu unggulnya spesies aseli Indonesia sehingga diburu oleh kolektor mancanegara untuk kemudian mereka kawin-silangkan, dan menghasilkan jenis varitas baru yang sangat elok dengan harga sangat mahal. Itu sudah dibuktikan oleh para pemburu dari Thailand dan Jepang,” imbuh Ha Han lebih lanjut.

Menurut Ha Han, hal itu sangat disayangkan, pengetahuan akan potensi tanaman Kaktus dan Succulent Nusantara masih jauh dari harapan. “Untjuk itu kami tiada bosan menggelar festival agar masyarakat luas semakin paham untuk kemudian mencintai tanaman Kaktus dan Succulent, mengingat di Thailand sebagai Kiblatnya Kaktus dan Succulent dunia, budidaya Kaktus dan Succulent sudah membudaya sedemikian rupa, sehingga Festival Kaktus dan Succulent di Thailand sudah menjadi agenda masyarakat internasional.

Dalam kesempatan itu Dwiki salah satu anggota CSSI menambahkan, “Masyarakat yang ada di Yogyakarta, dapat melihat sendiri betapa ragam Kaktus dan Succulent ternyata sebanyak ini, se-variatif ini, dan beberapa diantara yang dipajang bagus banget. Tanaman Kaktus dan Succulent dapat menghiasi teras-teras sempit di rumah, apalagi Kaktus dan Succulent sangat senang dengan cahaya matahari yang begitu melimpah di negeri ini,” ungkap Dwiki.

Festival Kaktus dan Succulent di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, diwarnai dengan workshop tentang “Kaktus-Bisnis-Impor”, dan “Jenis Kaktus Yang Paling Banyak Di Buru”, serta “Tips Merawat Kaktus dan Succulent Agar Layak Kontes” menghadirkan pakar terkaitdiantaranya Andre tata Laras dari Surabaya dan Andi Jasman dari Malang. Agenda Minggu Siang berupa Kontes kaktus dan Succulent Tingkat Nasional, dan Festival di tutup dengan Lelang Tanaman Pilihan secara Live, melanjutkan sukses pada pelelangan di festival sebelumnya yang mencatat harga lelang mencapai 45-Juta rupiah.

Kali ini Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Kembali memberikan fasilitas kepada Komunitas Aktif dan pelaku UMKM untuk dapat menggerakkan brand lokal yang sedang tumbuh dan berkembang, supaya mudah dikenal oleh masyarakat luas. Indra Gunawan, Chef Marcom Plaza Ambarrukmo Yogyakarta menegaskan, pihaknya terus berkomitmen penuh terhadap kenyamanan dan rasa aman bagi customer yang berkunjung dan berbelanja, dengan menerapkan standart pengecekan suhu badan kepada setiap pengunjung yang masuk ke Plaza Ambarrukmo di semua pintu masuk.

Mengikuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2021, tentang Perpanjangan Kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat, maka operasional Pusat Perbelanjaan Plaza Ambarrukmo berlangsung mulai pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. (Indra Gunawan/Antok Wesman-Impessa.id)