Event

UMY Mengabdi Bagikan APD Face Shield Ke Polda DIY dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah

UMY Mengabdi Bagikan APD Face Shield Ke Polda DIY dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah

UMY Mengabdi Bagikan APD Face Shield Ke Polda DIY dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah

Impessa.id, Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui program UMY Mengabdi setelah memberikan bantuan APD -Alat Pelindung Diri, berupa Face Shield produksi Fakultas Teknik UMY sendiri, maka kali ini mendonasikan 500 unit APD Face Shield kepada Polda Daerah Istimewa Yogyakarta di Kampus Terpadu UMY Tamantirto, Rabu siang (20/5/2020).

Dalam sambutannya Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM menyatakan, “Melihat fakta bahwa petugas Polisi yang betugas di lapangan hanya mengenakan masker tanpa dilindungi APD lainnya, maka dari situlah muncul kepedulian kami untuk menyumbangkan APD Face Shield produksi kami sendiri setelah melakukan riset, agar dikenakan oleh setiap aparat polisi yang sedang bertugas, baik itu dijalanan maupun di Rumah Sakit,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu KomPol Etty Heriyani yang didampingi KomPol Haryanta, mewakili Kapolda DIY, menyampaikan rasa terimakasihnya atas bantuan APD Face Shield tersebut. “Kami berdua mewakili Kapolda DIY mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pemberian bantuan APD Face Shield ini, untuk dipakai polisi yang bertugas di jalanan dan di Rumah Sakit,” tuturnya.

Fakultas Teknik Mesin UMY berhasil membuat APD Face Shield memakai Teknik injeksi bahan plastik murni dengan bentuk serta ukuran yang lebih nyaman saat dipakai khususnya oleh para petugas medis. Setiap harinya mampu memproduksi 300 unit APD Face Shield, dengan target produksi sebanyak 10-ribu unit, menurut Rektor Gunawan Budiyanto, besaran target itu bisa berubah mengingat permintaan di lapangan terus meningkat, dan pihak UMY berencana menambah lagi sebanyak 5-ribu unit APD Face Shield.

Pada hari yang sama, Rabu pagi (20/5/2020), Rektor didampingi Jajaran Wakil Rektor juga menyerahkan bantuan APD Face Shield kepada tiga Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, masing-masing RS PKU Muhammadiyah Bantul, RS PKU Muhammadiyah Gamping dan RS PKU Muhammadiyah Kotagede.

"UMY Mengabdi pagi tadi membagikan APD Face Shield kepada tiga Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dengan jumlah masing masing 150 unit, serta bantuan ke PKU Nanggulan, PKU Kotagede dengan jumlah masing-masing 75 unit," imbuh Rektor Gunawan Budiyanto, di aula Gedung AR Fachruddin B Kampus Muda Mendunia.

Ini untuk kedua-kalinya UMY Mengabdi membagikan face shield kepada tenaga medis sebagai garda terdepan yang berjuang untuk masyarakat Indonesia “UMY sebagai kampus unggulan nan islami peduli ikut berperan di tengah-tengah masyarakat. “Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, mereka membutuhkan semua pihak untuk bersama-sama berjuang mengembalikan keadaan bangsa ini seperti semula lagi. Sekarang saatnya untuk saling ambil bagian sesuai bidangnya masing maisng semampunya,” imbuh Rektor UMY Gunawan Budiyanto.

Menyitir sebaris terjemahan dari Kitab Suci, bahwa harta yang telah diinfakkan kepada orang lain tidak akan berkurang sama sekali bahkan malah terus bertambah sesuai dengan janji Allah kepada hambaNya yang mau meminjamkan hartanya di jalan Allah. (Ads BHP UMY/Antok Wesman-Impessa.id)