Salthings Jogja Menjadi Kuliner Kekinian Yang Diburu Anak-Anak Muda
Impessa.id, Yogyakarta : Delapan Pusat Perbelanjaan atau Mall anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia –APPBI Daerah Istimewa Yogyakarta, selama satu bulan secara bergilliran tiap tiga hari menggelar Wonderful Taste of Indonesia 3.0, guna mendukung Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival –WICSF sebagai program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, untuk merayakan Hari Pariwisata Dunia 27 September.
Agenda Wonderful Taste of Indonesia 3.0, yang memasuki Tahun ke-4, berlangsung pada 27 September hingga 27 Oktober 2019, di delapan Mall yang ada di Yogyakarta, masing-masing diawali di Plaza Ambarrukmo, pada 27-29 September 2019, disusul di Galeria Mall, pada 3-6 Oktober 2019, kemudian di Lippo Plaza Jogja, pada 4-6 Oktober 2019, di Sleman City Hall, pada 10-13 Oktober 2019, di Malioboro Mall, 11-13 Oktober 2019, di Jogjatronik Mall, 12-20 Oktober 2019, di Hartono Mall, pada 17-20 Oktober 2019 dan berakhir di Jogja City Mall, pada 24-27 Oktober 2019.
Salah satu kuliner kekinian yang sedang “in” adalah Salthings, yang dicari anak-anak muda tatkala lagi kumpul-kumpul, karena dari sajian yang ada dapat di mix dengan teman semeja sehingga variannya menjadi semakin beragam, dan tentu saja ngobrolnya menjadi seru karena sensasi cita rasa Salthings nya dilidah penuh kejutan.
Pada saat pelaksanaan Festival Kuliner Nusantara itu berlangsung di Malioboro Mall, 11-13 Oktober 2019, penulis penasaran dengan camilan yang bernama Salthings tersebut, dan mencobanya sambil bincang-bincang dengan pengelolanya bernama Panji Kumala. Menurut pengakuannya Salthings merupakan usaha franchise makanan yang berpusat di Surabaya, dan Salthings Jogja adalah satu-satunya gerai yang dia kelola dengan outlet tetap di Food Garden Jogja City Mall sejak 27 April 2019.
“Kami berusaha aktif mengenalkan kuliner Salthings ini ke khalayak luas secara terus-menerus dengan mengikuti event-event kuliner yang ada, seperti di event Festival Kuliner delapan Mall di Jogja ini, karena Salthings ini memang jajanan baru,” ujar Panji kepada Impessa.id.
“Keistimewaan Salthings Jogja, kami menggunakan salted egg atau telur asin kualitas khusus, yang betul-betul masir, kami olah menjadi saus, untuk dituangkan ke carbo macam-macam sesuai selera, kami ada nasi, ada mie instan dan ada potato, dengan topping ada, chicken fillet, ada telor ceplok, lalu dituangi saus salted egg-nya. Yang lagi tren di kalangan Salthings-Lovers yaitu menggunakan based mie instan,” ungkapnya.
“Kalau rasanya gurih-asin-nikmat, unik memang, makanya harus dicoba, apalagi di outlet kami menggunakan based-nya french-fries toppingnya ada chicken skin yang sangat gurih, atau chicken wing, dalam sajian reguler dan jumbo, Jumbo itu carbo-nya dobel, sausnya juga dobel, sehingga terasa banget gurihnya,” imbuh Panji.
Sejak diperkenalkannya kuliner Salthings di Jogja, animonya terus meningkat terutama di kalangan anak-anak muda, mereka mencari sesuatu yang taste-nya terasa banget, komen-komen mereka di sosial media, di IG shaltings.jogja, bahkan secara ada yang nge-tag di akun pribadi membuat testimoni kelezatan Salthings Jogja, sehingga menjadikan jajanan Salthings Jogja semakin digemari.
Dari tiga ragam carbo sebagai based-nya dan tiga macam topping, maka banyak shaltings-lovers mengkombinasikan sendiri sehingga mendapatkan sembilan varian salthings yang memuaskan selera. Meski yang menjadi best-seller di Salthings Jogja yaitu carbo mie instan dengan topping chicken skin dan chicken fillet. (Antok Wesman)