Event

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU Di Yogyakarta

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU Di Yogyakarta

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU Di Yogyakarta

Impessa.id, Yogyakarta: Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Udara pada Senin (22/04/2024). Bertempat di Lapangan Dirgantara Kompleks Akademi Angkatan Udara, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Jenderal TNI Agus Subiyanto menyatakan, TNI Angkatan Udara sebagai pengawal dirgantara nasional hendaknya dapat bersikap adaptif.

“Kita ketahui bersama bahwa kondisi geopolitik di Timur Tengah saat ini tengah memanas.  Sedangkan pada tataran regional, Laut China Selatan hingga saat ini masih memiliki konflik yang belum dapat diselesaikan hingga tuntas. Kondisi global dan regional ini secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak pada negara kita. Karenanya TNI Angkatan Udara hendaknya dapat bersikap adaptif,” ungkap Panglima TNI RI.

Jenderal Agus Subiyanto menuturkan, sikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis yang perlu dilakukan TNI AU, termasuk juga pada bidang teknologi, demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai implementasi dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis, TNI AU secara bertahap telah meningkatkan kemampuan alutsista.

Beberapa contoh peningkatan ialah dengan diakuisisinya sejumlah alutsista modern, antara lain: Pesawat Tempur Rafale, Pesawat Angkut C-130 J Super Hercules, Helikopter H 225 M Caracal, Pesawat Terbang Tanpa Awak Anka, Radar GM 403, Rudal Nassam dan persenjataan lainnya. Selain itu, dilakukan pula program upgrade Falcon Star e-MLU pesawat F-16 dan modernisasi pesawat C-130 H Hercules.

“Saya berharap peningkatan kemampuan alutsista ini menjadikan TNI Angkatan Udara tidak hanya lebih unggul, melainkan juga lebih disegani di kawasan. Dan modernisasi alutsista yang sudah berjalan, diharapkan dapat menjadi titik tolak TNI Angkatan Udara untuk mematangkan konsep Postur dan Renstra 2025-2044, sebagai bekal pertahanan matra udara menuju Indonesia emas 2045,” imbuhnya.

Untuk lingkup nasional, Pangllima TNI berharap agar TNI Angkatan Udara yang menjadi bagian dari jati diri TNI sebagai tentara rakyat, dapat mengedepankan faktor humanis untuk membantu kesulitan masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan kemanusiaan. Dan pada momentum peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Udara ini, Agus menegaskan agar semua prajurit TNI, termasuk Angkatan Udara dapat bekerja dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas.

“Wujudkan TNI yang PRIMA dan TNI AU yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, Humanis). Pertahankan tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh alutsista dengan tetap mengedepankan budaya safety. Serta lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Udara yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi,” paparnya.

Jenderal Agus Subiyanto memberi apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara atas profesionalitas, dedikasi, dan militansinya dalam setiap pelaksanaan tugas, khususnya prajurit TNI Angkatan Udara yang telah berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan ke Palestina baru-baru ini.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Udara dihadiri pula oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kolonel Pnb Luky Indrawan. Pada upacara ini dilakukan pula penyematan Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa dan Satya Lencana Kesetiaan kepada para prajurit TNI AU.

Usai upacara, ditampilkan Demonstrasi Udara Flypass Pesawat TNI Angkatan Udara sebagai acara tambahan. Demonstrasi udara ini terdiri dari beberapa alat utama sistem persenjataan yang dimiliki oleh TNI AU, di antaranya Pesawat Grob G 120 TPA, pesawat KT-1B Wongbee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team, pesawat C-130 J Super Hercules, pesawat T-50 i Golden Eagle, dan pesawat F-16 Fighting Falcon. Acara tambahan lainnya ialah penampilan Unit Drumband Gita Dirgantara yang salah satunya membawakan lagu Selamat Ulang Tahun milik grup musik Jamrud. (Humas Pemda DIY/Antok Wesman-Impessa.id)