Event

Keluarga Cerobong Yogyakarta Gelar Pameran Bertajuk HELLO, 27 Juni-3 Juli 2021

Keluarga Cerobong Yogyakarta Gelar Pameran Bertajuk HELLO, 27 Juni-3 Juli 2021

Keluarga Cerobong Yogyakarta Gelar Pameran Bertajuk HELLO, 27 Juni-3 Juli 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Cerobong and Friends Exhibitions bertajuk "HELLO.." berlangsung di Kembang Jati Art House Jalan Kesejahteraan Sosial No 6, Nitiprayan, Kasihan-Bantul Yogyakarta, pada 26 Juni sampai 3 Juli 2021.

Pembukaan pameran pada hari Sabtu 26 Juni 2021 pukul 16.00 WIB (khusus tamu undangan) dan dibuka untuk umum pada 27 Juni hingga 3 Juli 2021 pukul 10.00-17.00 WIB.

Harun Ak mewakili Keluarga Cerobong Yogyakarta kepada Impessa.id menuturkan, Berawal dari digagasnya Cerobong and Friends Affordable Arts (CAFAA) sejak November 2020 secara daring, sebagai respon dari kondisi pandemi Covid 19 yang mengajak para seniman menampilkan karya-karya mereka di platform media sosial.

“Tak diduga, ternyata respon dari para teman seniman cukup antusias untuk mengikuti CAFAA yang pertama ini. Terhitung ada seratus lebih perupa yang mendaftar. Serta apresiasi tak terduga juga mengalir dari para Art Lover baik dari Dalam Negeri maupun Luar Negeri. Karena itu timbulah rasa semangat untuk membuat event lanjutan yang menjadi estafet dari visi misi CAFAA sebelumnya. Sebuah pajang karya dan pameran kali ini dipilih sebagai sarana yang baik untuk menampilkan hasil dari ekspresi para perupa secara langsung atau offline,” ungkapnya.

Seniman yang terlibat dalam pameran adalah mereka yang telah mengikuti CAFAA secara online sebelumnya, dengan menyeleksi 65 perupa berasal dari berbagai daerah di dalam dan luar pulau Jawa, dari 120an perupa yang mendaftar, karena keterbatasan tempat.

Keluarga Cerobong Yogyakarta berharap pameran “HELLO..” mendapat respon positif dari publik seni rupa sekaligus menjadi media pertemuan, perkenalan dan temu kangen secara fisik di tempat pameran.

“Tajuk Hello dipilih dengan merepresentasikan sebuah kata sapaan secara umum saat bertemu dengan orang lain, baik berupa tegur sapa atau bisa juga sebagai awal perkenalan. Oleh karena itu pada pameran kali ini kami berharap bisa bertemu secara fisik di ruang pamer baik karya ataupun person yang tentu saja dengan mengutamakan protokol Kesehatan,” imbuh Harun lebih lanjut.

Format karya yang dipilih merupakan karya dua dimensional dengan ukuran yang relatif kecil supaya bisa menampilkan karya dengan jumlah kapasitas yang lebih banyak, dan besar harapan kelompok Cerobong untuk bisa terus berkiprah dan turut meramaikan jagad seni rupa Indonesia meski saat ini sedang diuji dengan berbagai kesulitan dan keterbatasan. Salam berkreasi dan sehat selalu! (Harun Ak/Antok Wesman-Impessa.id)