Event

Introspeksi, Patung Tiga Matra Karya Pupuk DP, Dipamerkan di Studio Podcast Kutunggu Di Pojok Ngasem UWM Yogyakarta

Introspeksi, Patung Tiga Matra Karya Pupuk DP, Dipamerkan di Studio Podcast Kutunggu Di Pojok Ngasem UWM Yogyakarta

Introspeksi, Patung Tiga Matra Karya Pupuk DP, Dipamerkan di Studio Podcast Kutunggu Di Pojok Ngasem UWM Yogyakarta

Impessa.id, Yogyakarta: “Bagian terindah dari sebuah ekspresi adalah karena ia mengatakan kepadamu sebuah kejujuran bahkan dari kegelapan hatimu sekalipun". Kalimat itu disampaikan oleh Pupuk Daru Purnomo alias Pupuk DP seniman perupa yang berkesempatan mengikuti Pameran Tunggal Satu Karya atau Solo Artwork Exhibition -SAE di Studio Podcast Kutunggu di Pojok Ngasem Universitas Widya Mataram -UWM Yogyakarta.

Dalam pameran tersebut dua karya series milik Pupuk DP dipajang di dinding Studio Podcast Kutunggu di Pojok Ngasem, untuk dapat disaksikan publik. Karya pertama berjudul “Introspeksi” dituangkan dalam medium cat minyak di atas kanvas berukuran 60 cm x 120 cm, dibuat pada 2019. Sementara pada karya kedua berupa patung tiga matra dengan judul yang sama “Introspeksi” dalam medium perunggu dan dibuat pada 2021.

“Melukis bagiku pada dasarnya adalah seperti pertanyaan dari pelajaran hidup, saya tidak paham sebelumnya tetapi paling tidak saya mengerti apa yanm saya inginkan. keingintahuan itulah esensi dari seni,” ujar Pupuk, Jum’at (30/4/2021).

Pupuk menceritakan, kegelisahan, kegembiraan menjadi sukacita yang indah. Seni bisa menjadi kenyataan absurd dari kenyataan itu sendiri. Pupuk hanya bisa meraba tanpa bisa memeluk, dan keterbatasan itu menjadi alasan penting dari setiap lahirnya karya-karyanya.

“Itulah seni. Saya kadang hanya bisa berharap sembari berusaha keras tanpa berani memastikan semua akan berjalan dengan lancar karena bagi saya seni adalah sebuah anugerah,” aku Pupuk DP.

Dalam pada itu, Direktur Studio Podcast Kutunggu di Pojok Ngasem UWM Yogyakarta, Puji Qomariyah SSos MSi mengatakan, karya patung tiga matra tersebut pertama kali diperkenalkan kepada publik dan beruntung sekali Studio Kutunggu di Pojok Ngasem menjadi tempat perdana peluncuran karya tersebut. Hal itu menjadi sebuah kehormatan bagi UWM.

“Program Kutunggu di Pojok Ngasem meliputi studio podcast, pameran tunggal satu karya, dan yang sebentar lagi diluncurkan yaitu Lingkar Pendopo Agung,” imbuh Puji Qomariyah. (Wahyu-Humas Widya Mataram/Antok Wesman-Impessa.id)