Event

Reposisi Pesawat Koleksi Muspusdirla Yogyakarta Jadi Tontonan Menarik

Reposisi Pesawat Koleksi Muspusdirla Yogyakarta Jadi Tontonan Menarik

Reposisi Pesawat Koleksi Muspusdirla Yogyakarta Jadi Tontonan Menarik

Impessa.id, Yogyakarta: Reposisi pesawat koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) menjadi tontonan menarik. Proses mendorong dan menarik untuk mengeluarkan pesawat dari Ruang Alutsista ke halaman Muspusdirla, diabadikan pengunjung dalam foto atau video.

Salah satunya Ahmad Reihan. Pengunjung dari Kota Semarang ini mengaku beruntung. Karena ia baru sekali mengunjungi Muspusdirla, mendapat tontonan proses mengeluarkan pesawat. "Senang sekali. Mungkin sekali seumur hidup bisa melihat proses pemindahan pesawat dari dekat," ujar bapak dua anak ini girang, Kamis (4/5/23).

Sama seperti Ahmad Reihan. Nur Muzamah juga mengaku senang melihat proses pemindahan pesawat koleksi Muspusdirla. "Saya foto dan video, untuk kenang-kenangan," ucap Nur yang datang ke Muspusdirla untuk survey kunjungan. Ia rencana akan datang lagi dengan rombongan dari Ponorogo di Bulan Juni.

Sementara Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Kolonel Sus Yuto Nugroho menjelaskan sesuai time line reposisi, di Bulan Mei Minggu pertama, beberapa pesawat dikeluarkan untuk dipindah. Salah satunya pesawat helikopter Sikorsky UH-34 yang dipindah dari Ruang Alutsista ke halaman di sisi timur.

Pesawat produksi Amerika itu, menurut Kolonel Sus Yuto Nugroho masuk menjadi koleksi Muspusdirla sejak tahun 1985. "Banyak kiprah yang ditorehkan helikopter Sikorsky sebelum masuk Muspusdirla, seperti dalam Operasi Tombak dan Operasi Wisnu" terang Kolonel Sus Yuto Nugroho. (Humas Muspusdirla/Antok Wesman-Impessa.id)