Ekonomi-Bisnis

Candradimuka, Chopper Electric Bike, Sengatan Spirit Elektrifikasi Kustom Kulture Lucky Draw KUSTOMFEST 2022

Candradimuka, Chopper Electric Bike, Sengatan Spirit Elektrifikasi Kustom Kulture Lucky Draw KUSTOMFEST 2022

Candradimuka, Chopper Electric Bike, Sengatan Spirit Elektrifikasi Kustom Kulture Lucky Draw KUSTOMFEST 2022

-Karya pertama motor kustom elektrik dari Retro Classic Cycles dengan tetap merepresentasikan ciri khas karyanya, chopper.

-Chopper electric bike ini dirancang sebagai motor penjelajah dengan menggunakan baterai 72V 24AH Dual  sanggup menempuh jarak hingga 200 Km 

Impessa.id, Yogyakarta, 30 September 2022, Perhelatan KUSTOMFEST selalu  menghadirkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya baik secara program untuk menaikan  level  kualitasnya. Inovasi  terus dilakukan oleh tim KUSTOMFEST dalam kaitannya dengan industri kreatif  seperti halnya kustom kulture yang ditekuninya  termasuk soal tradisi lucky draw untuk pengunjung.

Mengikuti trend perubahan global dalam dunia elektrifikasi tanpa meninggalkan sisi industri kreatif, KUSTOMFEST menuangkannya ke dalam unit motor lucky draw, berupa chopper electric bike.  Motor  kustom elektrik ini garapan Lulut ‘LT’Wahyudi, owner sekaligus  builder  Retro Classic Cycles yang disiapkan untuk pengunjung KUSTOMFEST 2022 dengan membeli tiket masuk seharga Rp 100.000.

“Ini merupakan pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles selama untuk membuat sebuah karya kustom dengan menggunakan tenaga listrik sekaligus menjadi trigger buat yang lain dalam membangun motor kustom listrik. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, kami juga banyak belajar soal teori dari para akademisi  serta beberapa pihak lain soal elektrifikasi ini. Karena selama ini kita main dengan mesin combustion atau bahan bakar fossil  dari mulai jenis  V-twin, Boxer hingga mesin pesawat. Kalau soal frame, suspensi springer, penggerak  itu makanan kita sehari-hari di RCC untuk development. Setelah adanya motor ini, bisa jadi muncul versi- versi lainnya dengan berbagai temuan inovasi dari kita nanti,” ujar Lulut.

Chopper Electric Bike ini ditenagai motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual yang bisa menempuh jarak sejauh 200 Km dengan tiga mode riding.  Soal gaya chopper, Lulut menambahkan bahwa style ini menjadi representasi gaya dari kreasi  Retro Classic Cycles selama 20 tahun berkarya. “Ini karya pertama motor kustom kita dengan penggerak listrik,  kita  maunya ada taste berupa chopper Frisco di motor  ini sesuai dengan ciri khas bengkel RCC.”

Proses pengerjaan motor kustom elektrik ini memakan waktu 1,5 bulan dimulai dengan konsep hingga ujicoba beberapa part elektriknya.” Dari proses corat-coret desain pada  perjalanannya banyak berubah, apalagi motor listrik kita belum pernah kerjakan sebelumnya, jadi trialnya kita kalkulasi semuanya sampai sekarang. Paling sulit adalah soal baterai, karena kita sudah menyiapkan tempat khusus untuk pembuatannya, tapi kita akhirnya pakai yang sudah ada mengingat waktu,” ujarnya. Meski demikian Lulut menambahkan bahwa dia terus memikirkan dampak lain dari penggunaan motor listrik terutama dari sampah limbah baterai. 

“Pengunjung yang membeli tiket KUSTOMFEST 2022 ini bisa mendapatkan kesempatan membawa pulang motor ini dan menjadi sejarah lahirnya motor chopper bertenaga listrik karya RCC, “ tutup Lulut.

“Chopper Electric Bike” KUSTOMFEST 2022 – “We’ll Be Back”

Built in Hell by Retro Classic Cycles:

FRAME - Frame: Chopper Rigid by RCC

DRIVER -  Motor: Mid Drive V3

              - Controller: Far Drive 72120

              - Baterry: 72V 24AH Dual

BODY     - Gas Tank: Kustom by Retro Classic Cycles

              - Front Fender: Kustom by Retro Classic Cycles

              - Rear Fender: Kustom by Retro Classic Cycles

SUSPENSION - Front Suspension: Springer, Chrome by Retro Classic Cycles

CONTROL SYSTEM - Handlebar: Kustom by Retro Classic Cycles

                               - Hand Control: Kustom by Retro Classic Cycles

                               - Front Wheel:19 inch spoke wheel

                               - Front Tires: Avon 19 inch

                               - Rear Wheel: 16 inch spoke wheel

                               - Rear Tires: Shinko 16 inch

BRAKE SYSTEM - Front Brake: Non Front brake

                           - Rear Brake: 2 piston caliper

ELECTRICAL - Headlight: Cute small headlight

                     - Tail light: Sparto tail light

                     - Wiring system: Retro Classic Cycles

PAINTING   - Color: Black & Flames

                  - Painter: Titah Argayoga - Exsoutheast

                  - Seat: Chopper Seat by Retro Classic Cycles

THANKS TO - GOD for blessing all Retro Classic Cycles family for rockin’ over work days and night, Titah Argayoga, Thanks for excellent work! Thanks you. (Pras/Antok Wesman-Impessa.id)