Event

Jaket Koleksi Muspusdirla Dipajang di Lobi TVRI Yogyakarta Hingga 9 Agustus 2022

Jaket Koleksi Muspusdirla Dipajang di Lobi TVRI Yogyakarta Hingga 9 Agustus 2022

Jaket Koleksi Muspusdirla Dipajang di Lobi TVRI Yogyakarta Hingga 9 Agustus 2022

Impessa.id, Yogyakarta, Muspusdirla: Jaket koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) dipajang di Lobi TVRI Yogyakarta Jalan Magelang. Dipajangnya koleksi milik museum kebanggaan Keluarga Besar Angkatan Udara di Lobi TVRI itu, untuk ikut memeriahkan pameran yang bertema “Museumania Reach the World”.

Pameran digelar dari tanggal 15 Juli hingga 9 Agustus 2022. Selain Muspusdirla, pameran juga diikuti 14 museum dari seantero Kabupaten Sleman, yang tergabung dalam Forum Komunikasi Museum Kabupaten Sleman.

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho menjelaskan, jaket yang dipamerkan merupakan milik Adulgani Handonotjokro, salah satu penumpang yang selamat saat pesawat VT-CLA ditembak jatuh oleh pesawat Kitty Hawk Belanda pada tanggal 29 Juli 1947.

Ditambahkannya, dalam peristiwa ditembakjatuhnya pesawat Dakota VT-CLA, gugur para pendahulu Angkatan Udara, yaitu Komodor Muda Udara Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara Adisumarmo.

"Peristiwa ditembakjatuhnya pesawat Dakota VT-CLA diperingati Angkatan Udara sebagai Hari Bakti, yang tahun ini merupakan peringatan yang ke-75," jelas Kolonel Sus Yuto Nugroho, Sabtu (16/7/2022).

Kolonel Sus Yuto Nugroho mengungkapkan, tempat jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA, pada tahun 2000 diresmikan menjadi Monumen Perjuangan TNI AU.

"Bersamaan dengan peresmian nama monumen, dipindahkan kerangka jenasah Komodor Muda Udara Adisutjipto dan Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh. Masing-masing beserta istri dari TPU Kuncen Yogyakarta ke Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto, tempat jatuhnya VT-CLA," terang Kolonel Sus Yuto Nugroho. (Humas Muspusdirla/Antok Wesman-Impessa.id)