Event

Calon Srikandi Angkatan Udara Kunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta

Calon Srikandi Angkatan Udara Kunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta

Calon Srikandi Angkatan Udara Kunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta

Impessa.id, Yogyakarta: Sebanyak 60 Siswa Semaba PK Wara angkatan ke-48 T.A. 2022 mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Jumat (6/5/2022). Kunjungan para calon Srikandi Angkatan Udara dari Kesatrian Kaliurang itu dipimpin Komandan Skadik 105 Letkol Kes Lusia Tri Lestari SPd, didampingi 40 pembina dan pengasuh. 

Kedatangan rombongan disambut Letnan Kolonel Sus Subiyah mewakili Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho SS.

Dipilihnya Muspusdirla sebagai destinasi kunjungan bukan tanpa alasan. Menurut Komandan Skadik 105, kunjungan ke Muspusdirla dimaksudkan untuk menambah pengetahuan tentang sejarah TNI AU utamanya peran dalam mempertahankan kemerdekaan maupun dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia.

Letkol Sus Subiyah menjelaskan, Muspusdirla merupakan museum kedirgantaraan dengan koleksi pesawat terbang terlengkap di Indonesia. Museum yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Pesawat Terbang tersebut memiliki 61 koleksi pesawat terbang berbagai jenis. Selain itu juga memiliki koleksi barang-barang pribadi milik Pahlawan Nasional dari Angkatan Udara, seperti Adisutjipto, Abdulrachman Saleh, Iswahjudi dan Halim Perdanakusuma.

"Tiap-tiap koleksi memiliki cerita yang menarik. Tentu saja cerita kegagahan elang-elang Angkatan Udara dalam menjaga Indonesia," ungkap Letkol Sus Subiyah.

Dengan mengunjungi Muspusdirla, Letkol Sus Subiyah, berharap para siswa Wara dapat menyerap semangat kepahlawan dari para pendahulu TNI AU, sebagai bekal pengabdian di kedinasan kelak. Usai berkeliling melihat koleksi yang dipamerkan, kunjungan diakhiri dengan foto bersama. (Humas Muspusdirla/Antok Wesman-Impessa.id)