Ekonomi-Bisnis

Mahasiswa Program Studi Desain Produk ISI Yogyakarta Raih Penghargaan Terbaik Ke-3 Kategori Kriya IFCA 2021

Mahasiswa Program Studi Desain Produk ISI Yogyakarta Raih Penghargaan Terbaik Ke-3 Kategori Kriya IFCA 2021

Mahasiswa Program Studi Desain Produk ISI Yogyakarta Raih Penghargaan Terbaik Ke-3 Kategori Kriya IFCA 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Mahasiswa Program Studi Desain Produk, Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia -ISI Yogyakarta berhasil meraih Penghargaan Terbaik Ke-3 Kategori Kriya IFCA (Indonesia Fashion and Craft Awards) 2021.

Natasha Nisa Islami, Syaiffudin Zuhri, Muhammadi Rizal Maulana dan Ahmad Yoga Firmansyah merupakah mahasiswa Program Studi Desain Produk yang berhasil memperoleh penghargaan terbaik ketiga untuk kategori kriya dalam IFCA 2021 melalui karya berjudul “Kumuri Chair”.

Untuk perhargaan terbaik pertama dan kedua kategori kriya diperoleh Difliyatul Isna Alvionita dengan karya berjudul “Lunas Lamp” dan Raditya Mahardika Siswosuwarno dengan karya berjudul “Sasmara”. Para penerima penghargaan berhasil menyisihkan tiga peserta lainnya sampai ke tahap final.

Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Kompetisi itu diselenggarakan sebagai upaya untuk memberikan peluang kepada desainer muda agar menciptakan produk inovatif dan kreatif, dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam serta keselarasan hubungan antar manusia.

Kompetisi desain terdiri dari dua kategori kriya dan fashion. IFCA dapat diikuti oleh desainer muda yang maksimal berusia 30 tahun, memiliki usaha kecil menangah kratif yang baru berdiri (starup), dapat diikuti secara individu maupun kelompok dan berstatus sebagai warga Negara Indonesia.

Pada tahun 2021, IFCA diselenggarakan dengan tema “Adaptability in Responsible Design”. Tema tersebut dipilih agar para desainer muda mampu menghasilkan ide desain produk inovatif yang mampu menyesuaikan dengan berbagai kondisi dan keinginan pasar dengan mengacu pada prinsip sustainability, yakni memiliki kontribusi keberlanjutan di bidang sosial, budaya, lingkungan, atau ekonomi.

Kumuri Chair merupakan kursi yang terbuat dari limbah bonggol jagung. Kumuri Chair terinspirasi dari banyaknya limbah bonggol jagung di area pertanian sehingga mendorong untuk menciptakan sustainable material yang dapat menjadi alternatif pengganti kayu sebagai bahan baku pembuatan kursi atau furniture lainnya. Dengan penciptaan karya ini diharapkan menjadi inspirasi untuk mengurangi penggunaan kayu dalam penciptaan furniture sehingga dapat mengurangi penebangan kayu seperti yang saat ini terjadi.

Prosesi menyerahan penghargaan IFCA 2021 disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Pemenang karya terbaik pertama sampai dengan ketiga memperoleh hadiah sebesar 30 juta, 20 juta dan 15 juta. Para pemenang juga menjadi binaan Direktorat Jenderal IKMA Kementerian Perindustrian. Prosesi penyerahan penghargaan IFCA 2021 dapat disaksikan melalui tautan https://www.youtube.com/watch?v=RgAAMMbaUUk&t=5016s. (Daffa Hakim/Antok Wesman-Impessa.id)