Event

Azka Ibawa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Poster Internasional

Azka Ibawa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Poster Internasional

Azka Ibawa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Poster Internasional

Impessa.id, Yogyakarta: Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri -UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Azka Fu’ad Alhamdi, membawa nama harum Indonesia melalui kemenangannya dalam kompetisi internasional. Mahasiswa yang akrab disapa Azka Ibawa berhasil membawa pulang dua penghargaan pada kompetisi “Poster Award 2020”.

Kompetisi “Poster Award 2020” merupakan kompetisi poster yang diselenggarakan oleh organisasi Taiwan, TAICOT (Taiwan Association for International Care of Organ Transplants) pada akhir 2020. Tujuan kompetisi internasional itu sebagai bentuk perjuangan untuk menghentikan pengambilan organ manusia secara ilegal yang telah terjadi beberapa waktu belakang ini di negara Tiongkok.

Dikutip dari akun Facebook resmi milik “Poster Award 2020”, ada 1.000 lebih karya dari 900 peserta di seluruh dunia yang mengikuti kompetisi tersebut. Pada pengumuman yang disiarkan 16/1/2021, melalui kanal Youtube, dua poster putra kelahiran Pati, 2/1/1998 dinyatakan meraih penghargaan semua, masing-masing berjudul “Wallet”, mendapatkan penghargaan “Merrit Award” dan karya berjudul “Toys” meraih penghargaan “Honorable Award.”

Azka mengaku mengikuti kompetisi tersebut dengan rekan satu timnya yaitu Rian Ervina Nugraha (mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, yang belum lama ini juga mendapatkan hadiah Rp. 20.000.000,-  dalam kompetisi Fuso Festival 2020), untuk mengumpulkan data dan ide hingga akhirnya memproduksi poster tersebut.

Azka angkatan 2016 memang menyukai dunia desain grafis. Ia suka otak atik desain grafis sejak di SMA  secara otodidak. Ia mengaku dengan melanjutkan kuliah pada Prodi Ilmu Komunikasi, khususnya konsentrasi Advertising, Azka merasa mendapatkan lebih banyak ilmu, yaitu cara berkomunikasi diberbagai medium, salah satunya adalah poster.

Karena kepiawaian Azka di bidang desain grafis dan semangatnya mengikuti kompetisi maka Azka berhasil memenangkan berbagai kompetisi. Berikut prestasi tersebut, Juara 2 Kategori PrintAd di Bharatika Fest 2019 (kolaborasi dengan Galih Kharisma Mega), Winner, Lensa Academi Digital imaging Competition, Juara 1 Kompetisi Desain Poster Stop Hoax Indonesia oleh MAFINDO (kolaborasi dengan Rian Ervina Nugraha) 2020, Juara 1 kategori PrintAd di AdUIN 2020, Juara 1 Fuso Wallpaper Competition (kolaborasi dengan Rian Ervina Nugraha) 2021. Merit Award, Poster Award 2020 (kolaborasi dengan Rian Ervina Nugraha) dan Honorable Award, Poster Award 2020, (kolaborassi dengan Rian Ervina Nugraha).

Saat ini Azka sudah terbebas dari teori di perkuliahan. “Saya merasa di masa pandemi seperti ini lebih fleksibel, sembari mengerjakan penelitian tugas akhir, saya mengikuti beberapa lomba yang sudah menjadi habit saya di awal kuliah. Alhamdulillah, Saya di Prodi Ilmu Komunikasi dipertemukan dengan komunitas yang rajin berkompetisi. Dengan bergabung bersama komunitas, saya bisa berdiskusi dan mencari ide bersama. Kolaborasi dalam sebuah karya memang sangat diperlukan,” aku Azka. “Orang tua saya sangat mendukung atas pilihan Prodi Ilmu Komunikasi yang sepenuhnya diserahkan kepada saya. Doa dan restu mereka yang saya minta setiap mengikuti  lomba,” imbuhnya.

Selamat dan sukses untuk Azka Ibawa, prestasi anda sebagai bukti nyata, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendunia, demikian ucapan yang disampaikan dari segenap civitas akademika. (Weni/Nurul/Antok Wesman-Impessa.id)