Event

Personil Lanud Adisutjipto Yogyakarta Lakukan Pembersihan Benda Asing Di Landasan Pacu

Personil Lanud Adisutjipto Yogyakarta Lakukan Pembersihan Benda Asing Di Landasan Pacu

Personil Lanud Adisutjipto Yogyakarta Lakukan Pembersihan Benda Asing Di Landasan Pacu

Impessa.id, Yogyakarta:  Segenap personel Disops dan Lambangja Lanud Adisutjipto, melaksanakan pembersihan Korve KOBA (Kerusakan Oleh Benda Asing) bersama di landasan pacu, runway 09 dan 27, Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (26/5/2020). Korve KOBA dipimpin oleh Kadisops Kolonel Pnb Sri Raharjo melibatkan 30 personel dari Dinas Operasi dan Lambangja Lanud Adisutjipto.

KOBA di dalam dunia penerbangan adalah kerusakan yang terjadi pada pesawat yang diakibatkan oleh benda asing, berupa serpihan material-material logam, plastik, kerikil dan serpihan-serpihan asing yang mengenai atau masuk kedalam mesin maupun sistem pesawat pada saat pesawat sedang melakukan penerbangan.

Kegiatan korve Koba dilaksanakan dengan membentuk formasi berjajar mulai dari ujung runway 09 sampai dengan ujung runway 27. Setiap personel dengan teliti mengambil benda-benda asing yang ada dilokasi tersebut, di area sepanjang kurang lebih 3 Km.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir Bob Henry Panggabean, menyampaikan bahwa Lanud Adisutjipto sebagai pelaksana Sekolah Penerbang TNI banyak melaksanakan kegiatan dengan penggunaan pesawat, yang sangat rawan terhadap benda-benda asing dan dapat menyebabkan accident.

“Untuk itu agar tidak terjadi hal hal yang membahayakan dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok Lanud Adisutjipto khususnya operasi pendidikan, pembersihan area sangat perlu dilakukan secara berkala dengan tujuan menjamin keselamatan penerbangan baik sipil maupun militer dan juga meningkatkan budaya safety pada seluruh anggota Lanud Adisutjipto,” jelas Danlanud Adisutjipto.

Sementara Kadisops Lanud Adisutjipto selaku penanggung jawab kegiatan menambahkan bahwa kegiatan tersebut untuk meningkatkan rasa kepedulian warga Lanud Adisutjipto betapa pentingnya keselamatan terbang dan kerja, terutama mengenai bahaya KOBA atau benda-benda asing yang dapat mengganggu kegiatan penerbangan seperti logam, plastik, batu-batuan maupun benda yang bisa merusak pesawat terbang.

“Saya juga menekankan agar pelaksanaan semua kegiatan Lanud Adisutjipto, baik dalam operasi penerbangan maupun dalam pelaksanaan tugas rutin, senantiasa harus selalu mengutamakan keselamatan dalam segala aspek tugas,” pungkas Kadisops Kolonel Pnb Sri Raharjo. (Ambar Pen.Adi/Antok Wesman-Impessa.id)