Event

Lanud Adisutjipto Gelar Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah Di Masjid Abdurrohim

Lanud Adisutjipto Gelar Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah Di Masjid Abdurrohim

Lanud Adisutjipto Gelar Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah Di Masjid Abdurrohim

Impessa.id, Yogyakarta : Segenap keluarga besar Lanud Adisutjipto serta masyarakat sekitar Lanud Adisutjipto melaksanakan  Sholat Idhul Adha di Masjid Abdurrohim, Minggu (11/8). Di kesempatan itu bertindak selaku imam dan khotib adalah Kyai Haji Noor Khan Abdullah.

Dalam kesempatan tersebut Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean memberikan sambutan pada kegiatan setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha di lingkup Lanud Adisutjipto dalam tema “Jadikan Hikmah Idul Adha 1440 H/2019 sebagai momentum peningkatan ketaqwaan dan semangat rela berkorban guna mendukung tugas pokok TNI”.

Dalam kesempatan khutbah KH. Noor Khan Abdullah menyampaikan latar belakang dan alasan mengapa ummat Islam diharuskan berkorban di Hari Raya Idul Adha. Menurutnya, ummat Islam harus meneladani jejak Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

“Niat orang berkurban di Hari Raya Idul Adha karena dua alasan. Pertama karena perbuatan itu dilaksanakan untuk memenuhi perintah Allah, dan yang kedua karena untuk mengutarakan rasa syukur kepada Allah. Jiwa rela dan ikhlas berkorban inilah yang harus diteladani dan selalu melandasi dalam setiap tugas yang diemban prajurit TNI,” tutur Kyai Haji Noor Khan Abdullah.

Di Masjid Abdurrohim Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta, pada perayaan Idul Adha 1440 H menyembelih hewan kurban sapi sebanyak 10 ekor, dan 55 ekor kambing. “Hewan-hewan ini merupakan hewan kurban dari Keluarga Besar Lanud Adisutjipto untuk masyarakat yang berhak menerima,” ujar  Ketua Panitia Idul Adha Lanud Adisutjipto, Letkol Pom Muhammad Rudi.

Sehari sebelumnya, rangkaian perayaan Idul Adha di Pangkalan Udara Adisutjipto diawali dengan menggelar Takbir Keliling, yang juga disaksikan oleh Komandan Lanud beserta seluruh pejabat Lanud Adisutjipto, Sabtu (10/8). Takbir keliling perumahan TNI AU dikoordinir Takmir Masjid Abdurrohmin itu juga diikuti remaja masjid, anak-anak TPA serta warga komplek yang dilepas langsung oleh Danlanud Adisutjipto. (Pen.Adi/Antok Wesman).