Event

Mella Jaarsma, Seniman Indonesia Menampilkan Karya Bayang, Di South South Veza -Angola, 23 Februari-7 Maret 2021

Mella Jaarsma, Seniman Indonesia Menampilkan Karya Bayang, Di South South Veza -Angola, 23 Februari-7 Maret 2021

Mella Jaarsma, Seniman Indonesia Menampilkan Karya Bayang, Di South South Veza -Angola, 23 Februari-7 Maret 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Galeri ROH Project yang berlokasi strategis di pusat Ibukota, yakni di Equity Tower, Lt. 40 Suite E, Jl. Jenderal Sudirman Kav 52-53, RT.5/RW.1, Senayan, Jakarta, merasa senang dapat berpartisipasi dalam acara perdana SOUTH SOUTH, SOUTH VEZA yang berlangsung di Angola -Afrika, pada 23 Februari - 7 Maret 2021, dengan menampilkan seni instalasi bertajuk “Bayang” karya Mella Jaarsma, presentasi dengan bayangan sebagai titik fokusnya.

Rilis dari ROH Project kepada Impessa.id menyebutkan, dengan menggabungkan dimensi ritual dan pola kebiasaan tertentu yang dibudidayakan secara unik kepada masyarakat Indonesia, seniman Mella Jaarsma mengangkat isu-isu aktual yang menonjol antara tubuh, artefak, perspektif, serta perilaku prosedural. Komposisi-komposisi itu kemudian menjelma menjadi bentuk visual yang menyerupai pakaian, kembali ke mencari dan merumuskan yang berarti gagasan repurposing serta nilai-nilai dalam kaitannya dengan aliran kehidupan.

Dalam presentasinya, Mella Jaarsma membawa titik pandang uniknya sebagai pengamat yang telah berasimilasi ke kantong budaya lokal, dan yang telah merangkul serta menjadi tokoh penting dalam ekspansi lebih lanjut.

Art Space ROH Projects merupakan surga bagi pencinta seni kontemporer yang berperan sebagai inkubator bakat para seniman yang mayoritasnya berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Ruang pameran yang terletak di SCBD (Sudirman Central Business District) mempunyai nuansa elegan dan minimalis dengan interior yang serba putih serta pencahayaan yang baik, membuat pengunjung dapat fokus pada karya seni yang dipamerkan.

Edisi pertama SOUTH SOUTH VEZA menampilkan lebih dari 50 galeri dari lebih dari 40 kota yang tersebar di 30 negara, bersama-sama dalam dedikasi terhadap seni Global South. Presentasi galeri disertai dengan pilihan karya seni ikonik yang ditawarkan, bersama dengan program Talks and Film oleh kurator, Elvira Dyangani Ose dan Rodrigo Moura dan OVR mandiri yang dikuratori oleh Paula Nascimento dan Suzana Sousa.

Paula Nascimento adalah seorang arsitekdan kurator independen yang berbasis di Luanda, dengan gelar dalam Arsitektur dari AA School of Architecture dan The London South Bank University. Suzana Sousa adalah kurator, penulis, dan peneliti independen. Dia belajar lanjutan dalam Antropologi di ISCTE -Instituto Universitario de Lisboa dan memiliki Gelar Master dalam Studi Budaya di Goldsmiths College, University of London.

VEZA adalah hibrid dari acara lelang pada 23 Februari 2021 dan Ruang Pandang Online -Online Viewing Room (OVR) yang terbuka untuk umum dari 24 Februari hingga 7 Maret 2021. OVR khusus disajikan oleh kurator independen berbasis di Angola, yakni Paula Nascimento dan Suzana Sousa, sebagai bagian dari peluncuran SOUTH SOUTH VEZA.

Pameran online tersebut berjudul “Kiximbi”, bahasa lokal Kimbundu di Angola yang merujuk pada ruh air, untuk membangkitkan semangat dan menghormati para leluhur yang hilang di laut. (Info-ROHProject/Antok Wesman-Impessa.id)