Event

Lanud Adisutjipto Dukung Latihan Jungar Paskhas dan FASI

Lanud Adisutjipto Dukung Latihan Jungar Paskhas dan FASI

Lanud Adisutjipto Dukung Latihan Jungar Paskhas dan FASI

Impessa.id, Yogyakarta: Lanud Adisutjipto mendukung kegiatan operasi latihan Jungar Statik dan Freefall Denhanud 474 Paskhas dan FASI Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan mengambil titik Runway Grass Trip Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Kamis (21/1/2021).

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI M. Yani Amirullah menyampaikan Terjun penyegaran (jungar) merupakan program kerja Paskhas dalam hal ini Denhanud 474 Paskhas yang dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas kemampuan tempur perorangan prajurit dalam menghadapi tugas di masa mendatang.

Kegiatan dukungan latihan penerjunan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu melaksanakan rapid test terlebih dahulu kepada seluruh personel yang melaksanakan latihan terjun oleh PPK-1, serta diawali dengan kegiatan briefing latihan yang dipimpin oleh Kadisops Kolonel Pnb Sukarno beserta seluruh pendukung latihan.

Latihan Jungar Paskhas dan FASI berlangsung sehari, melibatkan 86 penerjun terdiri dari 72 anggota Denhanud 474 Paskhas dan 14 penerjun FASI  yang dipimpin Komandan Denhanud 474 Mayor Pas Habib Yuwono Prasetyo. Para penerjun diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules A-1303 TNI AU dan mulai melaksanakan kegiatan latihan penerjunan pada pukul 06.00 WIB.

Penerjunan statik dan free fall dilakukan sebanyak empat sorties. Terjun statik dilakukan pada ketinggian 800 feet sedangkan free fall pada ketinggian 8000 feet. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar sampai dengan kembali ke home base di Denhanud 474 Paskhas. (Pen.Adi/Antok Wesman-Impessa.id)