Feature

Tali Kasih Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Di Akhir Tahun, Teruntuk Anak-Anak Panti Asuhan

Tali Kasih Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Di Akhir Tahun, Teruntuk Anak-Anak Panti Asuhan

Tali Kasih Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Di Akhir Tahun, Teruntuk Anak-Anak Panti Asuhan

Impessa.id, Yogyakarta: “Jangan Petik Kembang Telang Itu”. Demikian tulisan yang terpampang dikebun nan hijau halaman Panti Asuhan Santa Maria Ganjuran, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, karena anak-anak perempuan penghuni Panti Asuhan tengah membudidayakan Bunga Telang nan Biru Cerah untuk dimanfaatkan menjadi minuman segar dalam kemasan botol dan kemudian dijual di toko-toko disekitar Panti Asuhan.

Siang itu, Sabtu (19/12/2020) anak-anak penghuni Panti Asuhan Santa Maria Ganjuran yang seluruhnya perempuan tampak Bahagia, ketika masing-masing menerima bingkisan Tanda Kasih di Hari Bahagia berisi peralatan mandi dan kue-kue dari pihak Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Disetiap akhir tahun, Plaza Ambarrukmo Yogyakarta secara rutin senantiasa membagikan bingkisan sembako dan parcel teruntuk anak-anak Panti Asuhan, dan kini giliran dua Panti Asuhan, yakni Panti Asuhan Santa Maria Ganjuran Bantul, dan Asrama Karya Tasih Susteran Gembala Baik di Jalan Pramuka Bantul.

Panti Asuhan Santa Maria Ganjuran termasuk dalam Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang terletak di Desa Sumbermulyo, Kelurahan Bambanglipuro, Kecamatan Ganjuran, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini menampung 55 anak, seluruhnya perempuan, mulai dari usia PAUD sekitar 5-6 tahun, SD, SMP hingga SMA, mereka adalah anak-anak korban Broken Home, Tak Kenal Orangtuanya, anak-anak Yatim, anak-anak Piatu bahkan anak-anak Yatim Piatu yang berasal dari berbagai pelosok di Tanah Air, ada yang dari Mentawai, Jawa Tengah, NTT dan Papua.

Suster Kepala Panti Asuhan Santa Maria Ganjuran Magdelin menuturkan “Sejak pandemi ini, mentor musik dan pelatih beladiri berhubung dari luar Panti, kami stop dulu, anak-anak masih tetap berlatih secara mandiri, juga perayaan Natal kami rayakan secara internal. Setiap hari, semua anak-anak Panti Asuhan tetap melakukan aktivitas, agenda pagi hari belajar secara daring, sore dan malam melakukan doa bersama,” tuturnya.

Terkait dengan identitas anak-anak Panti Asuhan supaya tetap legal dan terdaftar kini pihak Panti Asuhan Santa Maria ganjuran sedang menyelesaikan urusan admisnitrasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) ke berbagai instansi terkait.

Sementara itu, Company Social Responsibility (CSR) Plaza Ambarrukmo Yogyakarta teruntuk Asrama Karya Tasih Susteran Gembala Baik di Jalan Pramuka Bantul, dititpkan kepada petugas jaga yakni Ibu Nella, karena asrama kosong, sejak pandemi Covid-19 anak-anak perempuan penghuni asrama yang notabene kasusnya sama dengan yang ada di Panti Asuhan Santa Maria Ganjuran, semuanya ditempatkan di beberapa Rumah Penampungan baik yang ada di Kabupaten Bantul maupun yang ada di Kota Yogyakarta. (Feature Impessa.id by Antok Wesman)