Ekonomi-Bisnis

Muklay, Seniman Visual Pop Art, berkolaborasi dengan Hardware Clothing, hadirkan T-Shirt, Sweatshirt dan Hoodie, tematik Warisan Budaya

Muklay, Seniman Visual Pop Art, berkolaborasi dengan Hardware Clothing, hadirkan T-Shirt, Sweatshirt dan Hoodie, tematik Warisan Budaya

Muklay, seniman Visual Pop Art, berkolaborasi dengan Hardware Clothing, hadirkan T-Shirt, Sweatshirt dan Hoodie tematik Warisan Budaya

Impessa.id, Yogyakarta: Seniman visual yang karyanya kini menjadi favorit dikalangan selebriti nasional, Muchlis Fachri yang akrab disapa Muklay, alumni Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta, berkolaborasi dengan Hardware Clothing, menghadirkan akulturasi warisan budaya Indonesia dengan modernitas fashion kedalam Pop Art Visual yang dituangkan kedalam disain produk fashion.

Urfina Almira Yasmine, Marketing Communication Supervisor Hardware, menuturkan, “Karya-karya Muklay kali ini terinspirasi dari nilai eksotik warisan budaya bangsa seperti, Burung Merak, Gunungan, Bagong (tokoh punakawan dalam pewayangan Jawa), Bathara Gana, Garuda Wisnu Kencana, Barong, Topeng Tari Malangan, dan Cepot (tokoh Wayang Golek dalam pewayangan Sunda),” tuturnya.

“Visualisasi Pop Art warisan budaya itu oleh Muklay di-ilustrasikan ulang kedalam disain produk fashion yang bervariasi mulai dari T-Shirt, Sweatshirt, dan Jaket Hoodie, yang diproduksi oleh Hardware Clothing menggunakan bahan premium Cotton Combed 20s, yang dibuat dari benang premium untuk kaos. T-Shirt berbahan Cotton Combed 20s jika disentuh bahan terasa tebal, namun sangat ringan dan nyaman jika dipakai, meski cuaca panas. Sedangkan bahan Furake Card Lafer, digunakan untuk produksi Sweatshirt dan Jaket Hoodie. Cukup tebal namun nyaman dipakai,” imbuh Urfina lebih lanjut.   

Dijelaskan, semua karakter-karakter warisan budaya tersebut di-ilustrasikan oleh Muklay menggunakan Teknik Pop Art memakai warna-warna eksentrik andalannya, tanpa menghilangkan ciri khas karakternya, kemudian disablon menggunakan teknik Premium Discharged, sehingga hasil sablon lembut dan tahan lama.

Menurut Urfina, tema “Warisan Budaya” dipilih dalam kolaborasi Hardware Clothing dan Muklay, sebagai salah satu upaya melestarikan identitas dan nilai-nilai budaya Indonesia dari sisi industri fashion. Pelestarian budaya perlu dilakukan dengan meng-kombinasikan modernitas dengan warisan budaya yang ada melalui akulturasi untuk menghasilkan kreativitas seni dan produk baru.

Kini, produk fashion hasil kolaborasi Hardware Clothing dan Muklay itu, dapat diperoleh toko-toko ternama, seperti, Hardware Ambarrukmo Plaza Yogyakarta, Hardware Hartono Mall Yogyakarta, Hardware Paragon Mall Semarang, Hardware Botani Square Bogor, Hardware Malang Town Square, Hardware Galaxy Mall Surabaya, Hardware Ratu Indah dan Hardware Q Mall Banjarbaru. Produk kolaborasi tersebut juga dapat diakses secara online di Shopee dan Zalora, serta via website: www.hardwareclothing.id.

Hardware Clothing hadir sejak 1998, merupakan merek lokal yang sudah memiliki 30 toko di seluruh penjuru Tanah Air serta online store. Adapun Muklay, seniman Visual Pop Art, sering bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menghadirkan produk dengan nuansa baru yang menarget consumer muda dinamis, selain menggambar busana juga, sepatu, tas, mebel-sofa sampai menghias tayangan foto para selebriti sehingga tampak lebih cetar. (Urfina/Antok Wesman-Impessa.id)