Event

Biennale Jogja Gelar Pameran Asana Bina Seni bertajuk Your Connetion Was Interrupted, di Taman Budaya Yogyakarta, 11-18 November 2020

Biennale Jogja Gelar Pameran Asana Bina Seni bertajuk Your Connetion Was Interrupted, di Taman Budaya Yogyakarta, 11-18 November 2020

Biennale Jogja Gelar Pameran Asana Bina Seni bertajuk Your Connetion Was Interrupted, di Taman Budaya Yogyakarta, 11-18 November 2020

Impessa.id, Yogyakarta: Pameran Asana Bina Seni bertajuk “Your Connetion Was Interrupted” sebagai presentasi dari peserta program kelas Asana Bina Seni Kurator, Asana Bina Seni Seniman, Asana Bina Seni Kolektif dan Seniman Panggilan Terbuka Karya Normal Baru, dihelat di Taman Budaya Yogyakarta, 11-18 November 2020.

Asana Bina Seni adalah program Yayasan Biennale Yogyakarta -YBY, yang dimulai pada 2019, merupakan upaya untuk mendukung terciptanya ekosistem seni rupa yang berkelanjutan di Yogyakarta. Berawal dari visi YBY untuk berkontribusi dalam proses pendidikan seni, selain juga melalui penyelenggaraan pameran Biennale Jogja dan Simposium Khatulistiwa.

Pada 2020 Asana Bina Seni mempunyai tiga kelas yaitu untuk Kurator, Seniman dan Kolektif. Setiap kelas merupakan Program Jangka Panjang, terdiri kelas-kelas teori dan wacana bersama para pembicara yang berpengalaman, praktik keterlibatan dalam peristiwa seni dan pemetaan lingkungan.

Output dari pelaksanaan program kelas Asana Bina Seni yakni pameran Asana Bina Seni yang diselenggarakan selama delapan hari, 11-18 November 2020, dalam tajuk “Your Connetion Was Interrupted”, membahas koneksi antara manusia dengan sejarah, identitas, budaya, dan lingkungan, yang telah terinterupsi menjadi sebuah refleksi.

Penting untuk memeriksa ulang, memberikan ruang jeda, mengkritisi, melihat dan memastikan bahwa hubungan tersebut terkoneksi dengan baik. Koneksi dan interupsi menjadi pisau analisis untuk membedah hubungan-hubungan sesama manusia. Berpusat pada permasalahan mengenai manusia, koneksi dan interupsi juga penting untuk memotret hubungan manusia dengan kelindan alam, ekologi, hingga hubungan antara manusia dengan wujud benda dalam sebuah kebudayaan yang menaunginya.

Your Connection Was Interrupted adalah tawaran untuk melihat beragam bentuk koneksi dan interupsi yang saling berbenturan. Sebab, melalui benturan-benturan manusia terus berdialog dan tumbuh.

Pameran “Your Connetion Was Interrupted” dikuratori oleh empat kurator masing-masing, Anam Khoirul, Eliesta Handitya, Kurrnia Yaumil Fajar dan Putri R.A.E Harbie. Adapun seniman peserta pameran yang terlibat sejumlah 15 peserta terdiri dari sembilan seniman individu dan kolektif, mereka antara lain, Arief Budiman, Benggala Project, Bodhi IA, Dyah Retno, Laviaminora, Lintang Radittya, Mira Rizki, Mutia Bunga, Riyan Kresnandi, Sandi Jaya S, Tindes Art & Friends, Kolektif Indisczinepartij, Kolektif Kantin Kurasi, Kolektif Ruang Gulma, Komunitas Sakatoya.

Pameran Asana Bina Seni “Your Connetion Was Interrupted” 2020 sepenuhnya didukung oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam hal ini Taman Budaya Yogyakarta. Pelaksanaan pameran luring diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan kuota pengunjung yang dibatasi setiap harinya dengan setiap sesi 30 pengunjung. Sesi 1, pukul 10.00-12.00 WIB, Sesi 2 pukul 12.30-14.30 WIB, dan Sesi 3, pukul 15.00-17.00 WIB.

Selengkapnya kunjungi laman instagram@biennalejogja, dan website: biennalejogja.org/asanabinaseni, atau dapat menghubungi Media Relations: Hasna Novalia: 0818 0417 4359. Kantor Yayasan Biennale Yogyakarta Jalan Sri Wedani No. 1, Taman Budaya Yogyakarta, 55122 Telp. +62 274 587712 –Email. the-equator@biennalejogja.org, www.biennalejogja.org. (Hasna/Antok Wesman-Impessa.id)