Event

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Luncurkan KKN Pengabdian Panti Asuhan

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Luncurkan KKN Pengabdian Panti Asuhan

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Luncurkan KKN Pengabdian Panti Asuhan

Impessa.id, Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta -UMY meluncurkan Kuliah Kerja Nyata -KKN, di sektor pengabdian Panti Asuhan Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai implementasi Surah Al-Ma’un, yaitu saling memberi, tolong-menolong dan pemberdayaan anak yatim. Oleh karena itu, Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat -LP3M UMY, bekerjasama dengan Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah -MPS PWM DIY, meluncurkan KKN Pengabdian Panti Asuhan Muhammadiyah itu pada Sabtu (7/11/20) di Gedung AR Fakhruddin B, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ketua Badan Pimpinan Harian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (BPH UMY), Dr Agung Danarto MAg, menyatakan bahwa peluncuran KKN Pengabdian Panti Asuhan di 22 tempat Panti Asuhan Muhammadiyah menjadi bentuk lembaga kaderisasi yang baik untuk persyarikatan Muhammadiyah. “Sebelumnya, UMY telah meluncurkan KKN Mengajar, dengan menempatkan mahasiswa-mahasiswa KKN di sekolah-sekolah Muhammadiyah, ini kontribusi nyata UMY membantu guru-guru sekolah Muhammadiyah di Yogyakarta. Saat ini ada peluncuran KKN Pendampingan di Panti Asuhan, termasuk salah satu institusi yang dibina Muhammadiyah, lalu kita tempatkan sebagai lembaga kaderisasi, dengan pembinaan intensif sehingga menjadi hal yang luar biasa,” jelasnya.

Dr Agung Danarto mengharapkan KKN Pengabdian Panti Asuhan menjadi wadah mahasiswa untuk memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di institusi panti asuhan, selain itu juga sebagai lembaga kaderisasi dan upaya memberdayakan anak yatim. “Mahasiswa KKN bisa memberikan saran-saran dan solusi, terkait bagaimana mengembangkan panti asuhan, dari sekedar pertolongan untuk anak yatim, tapi bagaimana bisa menjadi lembaga kaderisasi yang baik untuk persyarikatan Muhammadiyah. Oleh karena itu, kita berharap banyak kepada program KKN ini untuk memberikan informasi-informasi perkembangan dan permasalahan terkait Panti Asuhan Muhammadiyah,” tutur Agung Danarto.

Peluncuran KKN Pengabdian Panti Asuhan tersebut, dibuka oleh Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP, IPM, sambil menjelaskan bahwa KKN Mahasiswa sudah dilakukan sebelumnya oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

UMY memiliki tujuh sektor pengabdian yang merupakan bentuk konkrit kontribusi UMY untuk mengabdi kepada masyarakat. “UMY sudah melakukan beberapa pengabdian kemasyarakatan, khususnya pada program tujuh sektor KKN yang terdiri dari KKN Tematik, KKN Mengajar, KKN Relawan Covid-19, hingga KKN Mandiri, dan saat ini ditambah adanya KKN Pendampingan Panti Asuhan.  KKN Pendampingan Panti Asuhan ini menjadi pengalaman baru dalam pengabdian masyarakat di 22 tempat Panti Asuhan Muhammadiyah se-DIY sebagai wujud dalam Surah Al-Maun,” ungkapnya.

Peluncuran kegiatan KKN Mahasiswa Pengabdian Panti Asuhan ini juga diselenggarakan bersamaan dengan seremoni penyerahan bantuan kepada Panti Asuhan Muhammadiyah, program launching save our school dan program bakti guru yang diselenggarakan bersama MPS PWM DIY, Lazismu dan Mitra Corporate Sustainable Responisibility -CSR Bank Permata Syariah. (Sofia-BHP UMY/Antok Wesman-Impessa.id)