Ekuin-Bisnis

Gameloft Indonesia Berbasis Di Yogyakarta, Hadirkan Seri Game 3D, Real Football 2021

Gameloft Indonesia Berbasis Di Yogyakarta, Hadirkan Seri Game 3D, Real Football 2021

Gameloft Indonesia Berbasis Di Yogyakarta, Hadirkan Seri Game 3D, Real Football 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Selama delapan bulan sejak Januari 2020, studio Gameloft Indonesia menggarap proyek gim Real Football 2021, yang memberikan nafas baru bagi seri gim Real Football. Gim itu menawarkan perubahan yang signifikan dibandingkan dengan judul-judul sebelumnya, karena menjadi seri Real Football pertama yang menggunakan teknologi tiga dimensi. Peningkatkan tersebut memberikan pengalaman bermain yang lebih imersif, sebuah awal yang bagus untuk terus mempertahankan dunia sepak bola 3D ke depannya.

Asteria Agusti Rani, Communication Specialist PT Gameloft Indonesia kepada Impessa.id menuturkan bahwa peluncuran gim Real Football merupakan hasil kerja keras tim, dari Developer, Quality Assurance (QA), Tracking QA, Sound QA dan Anti-Hack QA teams dari kedua studio Gameloft yang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto Yogyakarta.

“Tim ini menghadapi tantangan pertamanya saat melakukan pembaruan dari library 2012/2013 menuju versi 2020, serta membangun sistem APK, yang pada akhirnya memakan waktu kurang lebih tiga bulan hanya untuk menciptakan APK yang diinginkan. Mendekati akhir periode proyek, tim Gameloft harus berhadapan dengan perubahan-perubahan teknis. Meskipun perubahan terbilang mendadak, tim Gameloft dapat menyelesaikan proyek sesuai tenggat waktu,” tutur Rani, sapaan akrabnya.

“Sejak awal mula proyek dimulai, seluruh anggota tim belajar banyak hal secara bersama-sama, dan menyesuaikan ritme kerja dengan anggota tim yang lain demi mengejar deadline. Setelah tiga bulan proyek berjalan, perusahaan mengharuskan karyawan untuk bekerja dari rumah sebagai respon terhadap pandemi Covid-19. Meskipun demikian, tim Real Football 2021 dapat beradaptasi dengan cepat, dan kembali membangun momentum kerja yang seirama untuk melanjutkan proyek Real Football 2021 hingga selesai,” ungkap Rani.

Lebih lanjut Rani menjelaskan, kerja keras tim lokal dapat mencapai kesuksesan berkat dukungan dari studio lain Gameloft yang tersebar di seluruh dunia. Titik awal penciptaan gim itu dimulai oleh Xavier Latournerie, yang juga berperan dalam mengelola ekspektasi BIZ. Saat tim mengalami kendala teknis, David Cohen selalu siap sedia untuk memberikan saran dan mendampingi penyelesaian isu. Saat terjadi permasalahan terkait daring, Razvan Achihaitei, Alina Stanciu dan tim WOA memberikan bantuan dengan segera. Selain itu, tim OGI, khususnya Jonathan Taylor, sangat berjasa dalam mengelola pengaturan silo dalam cloud.

Kudos untuk Muhammad Faris Rusydi, sebagai Produser proyek gim Real Football 2021, atas kehandalannya dalam menghantarkan gim Real Football ke pasaran pada tanggal 11 September 2020. “Setelah menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi selama proyek berjalan, kami yakin bahwa tim Real Football 2021 mampu menghadapi tantangan-tantangan ke depan,” aku Rani. Profisiat!

Tentang Gameloft

Gameloft® telah membuktikan diri sebagai salah satu inovator terdepan dalam bidang pengembangan dan penerbitan game sejak tahun 2000. Gameloft menciptakan game untuk berbagai platform, bahkan dua antaranya tercatat dalam "Top 10 iOS Games by All-Time Worldwide Downloads" oleh AppAnn.

Gameloft menghasilkan beberapa game play bawah hak cipta Gameloft, antara lain Asphalt®, Dragon Mania Legends, Modern Combat dan Dungeon Hunter; serta beberapa game lain sebagai hasil kerjasama dengan perusahaan raksasa dunia, yaitu Disney®, LEGO®, Universal, Illumination Entertainment, Marvel®, Hasbro®, Fox Digital Entertainment, Mattel®, Lamborghini® dan Ferrari®. Gameloft mendistribusikan produknya di lebih dari 100 negara, dengan jumlah staf lebih dari 4,300 orang di seluruh dunia. Semua merek dagang yang dirujuk di atas dimiliki oleh masing-masing pemilik merek dagang. (Rani/Antok Wesman-Impessa.id)