Ekuin-Bisnis

Prodia, Laboratorium Klinik Profesional, Siap Layani Pemeriksaan SwabTest Covid-19

Prodia, Laboratorium Klinik Profesional, Siap Layani Pemeriksaan SwabTest Covid-19

Prodia, Laboratorium Klinik Profesional, Siap Layani Pemeriksaan SwabTest Covid-19

Impessa.id, Yogyakarta: Laboratorium Klinik Prodia telah ditetapkan sebagai jejaring Laboratorium pemeriksaan Covid-19 selama pandemic oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sebagai upaya mendukung Pemerintah serta menanggapi tingginya kebutuhan dan permintaan atas pemeriksaan RT-PCR Covid-19 atau swabtest Covid-19, kini pengambilan sampel swabtest sudah dapat dilakukan dihampir semua cabang Prodia, termasuk di Prodia Yogyakarta Bintaran, mulai tanggal 28 September 2020.

Selain RT-PCR Covid-19 atau swabtest Covid-19, Prodia juga menyediakan pemeriksaan imunoserologi atau rapidtest berdasarkan antibody untuk mengetahui dengan lebih akurat apakah tubuh sudah terpapar SARSCOV2 dan memberikan response antibody.

Prodia terus memperbesar kapasitas pemeriksaan SARS-CoV-2RNA (RT-PCR Covid-19) dengan menggunakan alat fully automated Cobas6800. Dengan tambahan Cobas6800 di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional (PRN) Prodia, Jakarta, jumlah pemeriksaan RT-PCR Covid-19 dapat ditingkatkan hingga mendekati 2.000 tes/hari, termasuk dengan tersedianya pemeriksaan RT-PCR Covif-19 di tiga laboratorium rujukan regional Prodia, yang menggunakan alat medium otomatis.

Keunggulan penggunaan alat otomatis ini diantaranya dapat mempercepat hasil tes karena proses prosedur RT-PCR dikerjakan secara otomatis, serta meminimalkan risiko kesalahan kerja dibandingkan prosedur manual. Oleh karena itu, pemeriksaan RT-PCR Covid-19 atau swabtest Covid–19 di Prodia dapat selesai lebih cepat yakni H+1 dari pengambilan specimen dan hasil dapat di akses melalui layanan Hasil Online Prodia.

Lab Klinik Prodia masuk dalam daftar jejaring laboratorium pemeriksa Covid-19 sesuai kemenkes HK01.07/MENKES/214/2020 dan HK01.07/MENKES/216/2020.

Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai lebih dari 200.000 kasus dan terus meningkat setiap harinya. Pemerintah telah melakukan beragam upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat untuk menjalankan protokol Kesehatan dan melakukan skrining mandiri secara berkala baik rapid maupun RT-PCR Covid-19 atau swabtest Covid-19. Pemeriksaan RT-PCR Covid-19 merupakan pemeriksaan utama untuk skrining sekaligus menegakkan diagnosis seorang pasien terkonfirmasi positif terinfeksi SARS-CoV-2.

Selain menyediakan pemeriksaan terkait Covid-19, untuk menunjang kebutuhan pelanggan selama pandemi, Prodia menghadirkan layanan Telekonsultasi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan konsultasi mengenai kondisi Kesehatan melalui videocall tanpa harus datang ke Prodia. Kemudian tersedia juga Prodia In Your Car yang memungkinkan pengambilan sampel darah dilakukan tanpa pelanggan harus turun dari mobilnya. Selain itu tersedia juga layanan Home Service untuk pengambilan sampel dirumah pelanggan, hingga layanan e-Prodia untuk melakukan pemesanan, pembayaran dan melihat hasil pemeriksaan secara online.

Untuk harga pemeriksaan, RT-PCR Covid-19 atau swabtest di Prodia Yogyakarta Bintaran dikenakan tarif Rp 1.800.000, sedangkan imunoserologi dikenakan tarif Rp 150.000 (jika sudah membawa pengantar dari dokter) sesuai anjuran pemerintah.

Bagi masyarakat yang berminat melakukan pemeriksaan terkait Covid-19, dapat menghubungi Kontak Prodia di 1500830, info@prodia.co.id atau mengunjungi Prodia Yogya di Jl. Bintaran Kulon No 28 Yogyakarta 55151 https://wa.me/6282223341943.

Pelanggan tidak perlu khawatir untuk datang mengunjungi cabang Prodia karena seluruh cabang Prodia di Indonesia menerapkan patient and employee safety yang sangat ketat, demi menjamin keamanan, kenyamanan serta keselamatan pelanggan setia Prodia. (Mikha/Antok Wesman-Impessa.id)