Event

lmu Komunikasi UMY Rilis Buku Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19

lmu Komunikasi UMY Rilis Buku Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19

lmu Komunikasi UMY Rilis Buku Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19

Impessa.id, Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta -UMY, Jum'at (4/9/20), merilis buku berjudul "Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19". Buku itu terdiri dari tiga bagian yaitu Tata Kelola Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19: Quo Vadis? Audiens dan Teknologi dalam Pusaran Pandemi Covid-19, serta Industri dan Praktik Komunikasi di Masa Pandemi.

Fajar Junaedi, editor buku yang juga Dosen Ilmu Komunikasi UMY mengatakan, “Penerbitan buku ini diawali dari serangkaian webinar yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi UMY selama bulan April sampai dengan Juni 2020. Dari webinar muncul gagasan tentang luaran diskusi dalam bentuk buku, tujuannya untuk publikasi riset dan kajian di ranah komunikasi yang berkaitan dengan pandemi Covid-19”. 

“Kami ingin agar apa yang telah didiskusikan dalam webinar menghasilkan sesuatu yang nyata dalam bentuk buku sehingga lebih membawa kemanfaatan dalam diseminasi ilmu pengetahuan terutama di ranah Ilmu Komunikasi,” tuturnya. Selain ditulis oleh dosen Ilmu Komunikasi UMY, penulis buku juga ada yang berasal dari kampus lain serta alumni Ilmu Komunikasi UMY. 

Penerbitan buku “Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19” didukung oleh Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY. Buku setebal 351 halaman tersebut diawali dengan kata pengantar rektor UMY. “Kegegabahan dalam menanggapi datangnya pandemi Covid-19, rasa percaya diri yang membabi buta dan akhirnya harus terkulai lemas menerima kenyataan, merupakan awal dari semua bentuk kegagapan dalam menangani pandemi,” tulis Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM, rektor UMY, dalam kata pengantar buku. Rektor Gunawan menyatakan bahwa informasi dan dis-informasi akhirnya telah mengubah pandemi yang pada mulanya merupakan narasi medis menjadi narasi sosial yang liar menerabas dan memporak-porandakan rasionalitas manusia. 

Sementara itu, Koordinator Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY, Budi Dwi Arifianto mengatakan, selain aspek teknis Ilmu Komunikasi, Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY juga merambah pada aspek riset, kajian dan publikasi di bidang Ilmu Komunikasi. “Penerbitan buku Dinamika Komunikasi dalam Pandemi Covid-19 oleh Laboratorium Ilmu Komunikasi yang berada di bawah Program Studi Ilmu Komunikasi UMY ini adalah wujud nyata kajian tentang tata kelola komunikasi dalam menghadapi pandemi Covid-19. kini, Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY berkontribusi nyata dalam dharma perguruan tinggi Muhammadiyah,” jelasnya. (BHP UMY/Antok Wesman-Impessa.id)