Event

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Wisuda Secara Luring dan Daring, Perketat Protokol Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Wisuda Secara Luring dan Daring, Perketat Protokol Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Wisuda Secara Luring dan Daring, Perketat Protokol Kesehatan

Impessa.id, Yogyakarta: Di tengah pandemi Covid-19, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta -UMY melaksanakan Upacara Wisuda Periode IV TA 2019/2020 dan Periode I TA 2019/2020 secara luring (luar jaringan) dan daring (dalam jaringan) pada Rabu dan Kamis (9-10/9/20) di Gedung Sportorium, Kampus Terpadu UMY.

Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM, mengungkapkan bahwa Wisuda secara daring dan luring tersebut terlaksana sebagai jawaban dari kerinduan serta keinginan sebagian besar mahasiswa untuk merasakan atmosfer wisuda, dalam protokol kesehatan ketat yang telah diatur oleh universitas. “Kedisiplinan kita dalam melaksanakan protokol kesehatan merupakan kunci untuk melawan pandemi ini, maka dari itu UMY telah menyusun dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan wisuda kali ini,” ujar Rektor.

Selanjutnya, Rektor Gunawan mengungkapkan rasa terima kasih sekaligus permintaan maafnya kepada para wisudawan serta orang tua dan wali atas perubahan besar yang terjadi pada wisuda kali ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para orang tua karena telah menaruh kepercayaan besar kepada UMY untuk menitipkan putra-putrinya dalam melaksanakan pendidikan sampai pada hari ini, namun kami juga meminta maaf karena kami tidak bisa memenuhi permintaan untuk menghadirkan ibu dan bapak pada pelaksanaan wisuda kali ini karena berkaitan dengan protokol kesehatan yang kami terapkan,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan wisuda luring UMY, calon wisudawan yang berasal dari luar kota diminta untuk hadir di Yogyakata selambat-lambatnya 14 hari sebelum pelaksanaan wisuda, serta diminta untuk melakukan rapid test jika berasal dari daerah yang merupakan zona merah dan zona hitam. Selain itu, gladi bersih wisuda ditiadakan. Pada hari H upacara wisuda, para wisudawan diwajibkan datang sendiri ke kampus tanpa didampingi oleh orang tua dan kerabat. Bahkan, titik pengantaran dan penjemputan para wisudawan telah ditentukan untuk menjaga agar tidak ada orang selain wisudawan yang berada di area kampus. Para wisudawan juga diminta untuk menjaga jarak minimal 1 meter, menggunakan masker dan face shield yang telah disediakan, melakukan pengecekan suhu di gerbang utama kampus dan di depan Gedung Sportorium, memakai hand sanitizer dan mencuci tangan, serta diminta untuk tidak berkumpul dan melakukan foto bersama dengan sesama wisudawan.

Sementara itu, secara daring wisuda dilakukan melalui platform Zoom Meeting dan live streaming di akun Youtube serta Instagram UMY. Para wisudawan yang mengikuti wisuda daring tetap dapat merasakan atmosfer yang sama karena ijazah dan toga telah dikirimkan jauh sebelum hari H sehingga dapat digunakan saat melakukan wisuda secara daring dari kediaman masing-masing dengan didampingi orang tua maupun kerabat.

UMY meluluskan sebanyak 763 wisudawan pada periode IV TA 2019/2020 dan 1231 wisudawan pada periode I TA 2020/2021. Pelaksanaan wisuda secara daring dan luring terlaksana karena kerja keras dan kerja sama antara panitia pelaksana, tim keamanan dan ketertiban UMY, tim relawan COVID-19 UMY, serta tim kebersihan dan sterilisasi kampus UMY sebagai pihak yang menjadi agen penting untuk memberikan kebahagiaan di hari yang sakral bagi para wisudawan. (Ays BHP UMY/Antok Wesman-Impessa.id)