Event

Dr Totok Suwanda ST MT Menjadi Doktor Ke-217 Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dr Totok Suwanda ST MT Menjadi Doktor Ke-217 Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dr Totok Suwanda ST MT Menjadi Doktor Ke-217 Di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Impessa.id, Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta -UMY mendapat kabar gembira, datang dari dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Dr Totok Suwanda ST MT setelah sukses meraih gelar Doktor dari Universitas Brawijaya -UB Malang, pada Rabu (2/1/20). Keberhasilan itu didapat usai Totok Suwanda melewati ujian disertasi yang digelar secara online dengan tayangan live streaming via channel YouTube dari Gedung G6 Lantai 2 Kampus Terpadu UMY.

Dosen Teknik Mesin UMY itu membawakan disertasi berjudul “Optimasi Kekuatan Tarik Sambungan Pada Pengelasan Continuous Drive Friction Welding Dissimilar Metal AA6061 dengan AISI304”. Pembawaan yang tenang dan lancar, membuat Promotor dan Penguji sidang yang semuanya berasal dari Universitas Brawijaya memberikan nilai sangat memuaskan.

“Setelah ujian yang cukup menegangkan, kami selaku ketua sidang, promotor, dan penguji telah berdiskusi bahwa setelah mempertimbangkan ketekunan selama mengikuti proses belajar mengajar di Universitas Brawijaya, serta keseriusan, etika, dan kemampuan promovendus dalam mempertahankan disertasinya, saudara Totok Suwanda dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan, dan secara resmi diberikan hak untuk menyandang gelar Doktor,” ujar Ketua Sidang Dr Eng Anindito Purnowidodo ST MEng, yang juga kepala Prodi S3 Teknik Mesin UB.

Dr Totok Suwanda ST MT, tercatat sebagai mahasiswa S3 Universitas Brawijaya Malang angkatan 2013, sehingga dosen UMY itu menyelesaikan studi untuk gelar doktornya selama 6 tahun lima bulan, tujuh hari, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.92.  “Sekali lagi kami ucapkan selamat atas lulusnya Dr Totok Suwanda ST MT, pada sidang disertasi ini. Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya bisa mendapatkan gelar tersebut,” timpal salah satu dosen pembimbing Prof. Dr Ir Rudy Soenoko MEngSc.

Totok Suwanda yang sudah menyandang gelar Doktor, menambah jumlah Doktor di UMY sekaligus menjadi kabar gembira bagi seluruh sivitas akademika. “Ini menjadi kabar bahagia untuk kita semua, karena kini jumlah doktor di UMY menjadi 217, dan pak Totok menjadi Doktor ke-29 di Fakultas Teknik, serta Doktor ke-9 di Prodi Teknik Mesin, sekaligus menggenapkan jumlah 20 dosen yang lulus S3 dari Universitas Brawijaya," ungkap Dr Ir Sukamta ST MT IPM, Wakil Rektor Bidang Akademik UMY yang memberikan sambutan di sidang disertasi tersebut.

Dr Sukamta berharap dengan kelulusan Dr Totok, bisa segera disusul oleh dosen-dosen UMY lainnya, yang mana saat ini enam dosen Teknik Mesin sedang menjalani S3. (Hbb BHP UMY/Antok Wesman-Impessa.id)