Event

Gelaran Sastra On-Line Hastag SelasaSastra, 9 Juni 2020, oleh Tedi Way, Mendapat Respon Bagus

Gelaran Sastra On-Line Hastag SelasaSastra, 9 Juni 2020, oleh Tedi Way, Mendapat Respon Bagus

Gelaran Sastra On-Line Hastag SelasaSastra, 9 Juni 2020, oleh Tedi Way, Mendapat Respon Bagus

Impessa.id, Yogyakarta: Menghadirkan Tagline “Cinta Itu Racun” #selasasastra premiere online di YouTube Chanel Bang Tedi Way. Gelaran rutin tiap selasa tersebut tampil live Selasa (9/6/2020) pukul 20.15 WIB.

"Ketika Covid-19 belum muncul, #selasasatra digelar secara offline setiap bulan sekali di Gie Cafe Palbapang, Bantul, Yogyakarta, menghadirkan kawan-kawan pementas satra, begitu Covid-19 merebak, acara berubah format menjadi online, caranya kawan-kawan membuat video sastra di rumah masing-masing lantas dikirim melalui surel atau WhatsApp, diedit, lantas uplod di Youtube," tutur Tedi Kusyairi selaku koordinator #selasasastra kepada Impessa.id.

Selama pandemi sudah lebih dari 10 kali dihelat online, sebagai wadah silaturahim kawan-kawan pecinta sastra untuk bertemu dan berkarya. "Kawan-kawan sukarela mengirimkan konten video sastra, dirangkum dan ditayangkan dalam youtube chanel pribadi saya, sebagai wadah saja," jelas Tedi.

Bagaimanapun meski masih dalam situasi pandemi tidak ada ruang tampil karya, menyambut new normal, barangkali salah satu platfotm media sosial yang bisa ditempuh para peminat sastra melalui online. "Sekali premiere rata-rata uplod-an #selasasastra melibatkan 10-20 pegiat sastra, dan ketika sudah uplod biasanya ditonton sekitar 100-200 orang," ujarnya.

Youtube chanel Bang Tedi Way sudah mencapai 1.600 subscribers, dengan jam tonton memenuhi syarat monitesasi youtube, tapi belum ada iklannya. "Sampai detik ini belum terpikir untuk iklan di youtube, karena motivasi dasarnya membuat youtube dengan konten kegiatan saya pribadi khususnya sastra adalah sebagai media dokumentasi minat saya, khususnya spesial untuk hal bidang seni-budaya-pariwisata," jelas Tedi.

Menurut Tedi, agenda kedepan #selasasastra tetap meng-uplod konten tersebut secara rutin, meski belum bisa memberikan imbal-balik kepada kreator, namun semua pihak pandemen sastra boleh turut serta mengirimkan konten video sastra ke #selasasatra. (Tedi Kusyairi/Antok Wesman-Impessa.id)