Event

Manfaatkan Momentum Dirumahaja, Mahasiswa UMY Raih Juara Di Dua Cabang Pekan Lomba Ramadhan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Manfaatkan Momentum Dirumahaja, Mahasiswa UMY Raih Juara Di Dua Cabang Pekan Lomba Ramadhan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Manfaatkan Momentum Dirumahaja, Mahasiswa UMY Raih Juara Di Dua Cabang Pekan Lomba Ramadhan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Impessa.id, Yogyakarta: Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan perlu diisi dengan kegiatan bermanfaat di dalamnya. Guna memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19, mengharuskan setiap individu untuk tetap tinggal dirumah. Nuha Haifa Arifin, mahasiswa jurusan Farmasi angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ditengah-tengah anjuran stay at home, menyempatkan diri mengikuti Pekan Lomba Ramadhan yang digelar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan sukses menyabet gelar juara pada dua cabang sekaligus.

Pekan Lomba Ramadhan Universitas Muhammadiyah Purwokerto meliputi beberapa cabang perlombaan seperti, Lomba Karya Cipta Puisi, Islamic Essay, Poster, Video Dakwah, dan juga Lomba Pildacil. Perlombaan digelar oleh Panitia Amaliyah Ramadhan 1441 H Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk melatih kemampuan remaja dan mahasiswa baik dalam hard skill ataupun soft skill.

Nuha Haifa Arifin, berhasil memenangi Lomba Islamic Essay dan Lomba Poster. Seluruh perlombaan yang dilaksanakan secara online terkait pandemi Covid-19 tersebut terbuka untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. “Para peserta yang mengikuti perlombaan membuat karyanya di rumah dan langsung mengirimnya melalui email yang telah disediakan oleh panitia. Untuk lomba poster dimulai pendaftarannya pada 4 Mei 2020 dan pengumpulan karyanya pada 10 Mei 2020,” tutur Nuha.

Skema penilaian perlombaan poster selain dari keputusan juri, juga didukung oleh jumlah "like" yang dihasilkan dari poster yang telah di publikasi di media sosial Instagram PAR UMP. Pemenang Lomba Poster diumumkan pada 17 Mei 2020 dan Nuha Haifa Arifin berhasil menduduki Juara 2. Dalam kesempatan yang sama, mahasiswi Fakultas Farmasi UMY itu juga menyabet Juara 2 pada Lomba Islamic Essay, yang pengumpulannya dilaksanakan pada 15 Mei 2020 dan pada 19 Mei 2020 diumumkan para pemenangnya.

“Tak pernah mengira bisa juara di dua cabang lomba. Awalnya juga merasa tidak percaya diri dan sengaja untuk mengirim kedua hasil karya tersebut di waktu yang mepet, namun berkat bimbingan serta pembelajaran dari kakak tingkat, bismillah saya kirimkan, dan Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan dari teman-teman keduanya bisa sama-sama juara 2,” imbuh Nuha.

Nuha Haifa Arifin menganjurkan kepada dirinya sendiri dan juga teman-temannya untuk dapat memaksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan kesempatan seluas-luasnya yang diberikan pihak kampus UMY untuk mengekspresikan diri, hal itu tak lain demi terwujudnya kampus yang bernafaskan islami dan juga berkemajuan. “Momentum stay at home pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini, jangan dilewatkan dengan hanya berdiam diri saja tetapi harus tetap menunjukkan kreatifitas,” pesannya. (Hbb/Antok Wesman-Impessa.id)