Ekuin-Bisnis

Kompetisi Fotografi Canon PhotoMarathon Indonesia, Di Sleman City Hall, 3 November 2019

Kompetisi Fotografi Canon PhotoMarathon Indonesia, Di Sleman City Hall, 3 November 2019

Kompetisi Fotografi Canon PhotoMarathon Indonesia, Di Sleman City Hall, 3 November 2019

Impessa.id, Jakarta : Kompetisi fotografi terbesar di Asia, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019, digelar di di Pluit Village Jakarta, pada 26 Oktober 2019, dan di Sleman City Hall Yogyakarta, pada 3 November 2019. Pesta fotografi yang telah memasuki tahun ke-11 memperebutkan hadiah total senilai ratusan juta rupiah, perjalanan foto klinik ke daerah eksotis di Indonesia, serta hadiah utama berupa perjalanan foto klinik ke luar negeri.

Selain Kategori Umum, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 juga membuka Kategori Pelajar untuk siswa Sekolah Dasar/sederajat hingga Sekolah Menengah Atas/sederajat, untuk menambah pengalaman dan mereka berkesempatan memperebutkan hadiah-hadiah menarik berkompetisi dengan sebayanya.

Pada saat lomba, peserta diberi kebebasan untuk menggunakan perangkat kamera, baik kamera saku digital, DSLR atau mirrorless, segala merek. Peserta ditantang untuk mendapatkan gambar terbaik sesuai tema yang diumumkan pada saat itu juga, dalam waktu hunting terbatas.

Pemenang Canon PhotoMarathon Indonesia diumumkan pada hari itu juga. Sambil menunggu dewan juri menilai karya foto terbaik, peserta berkesempatan mendapatkan ilmu fotografi dari sesi Pro-talk bersama tiga fotografer profesional kenamaan dari genre pemotretan berbeda di tiap kota penyelenggaraan. Di Jakarta hadir Ashari Yudha, Misbachul Munir dan Yuyung Abdi, sedangkan di Yogyakarta hadir Adhitiya Wibhawa, Ardianto dan Azcha Tobing, berbagi pengalaman dan ilmu fotografi. Tak ketinggalan berbagai games dan hiburan mewarnai acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari.

“Canon PhotoMarathon Indonesia menjadi agenda rutin tahunan yang ditunggu para pecinta fotografi di Tanah Air. Ajang berkumpul dan silaturahmi para fotografer dari berbagai daerah. Adanya kategori pelajar bisa menjadi sarana pengembangan bakat dan potensi generasi muda di bidang fotografi. Peserta juga bisa menambah ilmu dan wawasan fotografi di sesi ProTalk yang menghadirkan tiga pembicara fotografer profesional di tiap kotanya dengan genre yang berbeda,” ujar Merry Harun, Canon Division Director pt. Datascrip, perusahaan yang memasarkan-menjual mesin, perangkat digital, furnitur, alat survei, stationery dan sistem dalam bisnis dan perkantoran.

Canon PhotoMarathon berawal dari Canon PhotoMarathon Singapore yang digelar pada tahun 2003. Empat tahun kemudian merambah ke negara-negara Asia lainnya di bawah bendera Canon PhotoMarathon Asia, termasuk Indonesia yang mulai menjadi salah satu negara penyelenggara sejak tahun 2009. Juara utama dari masing-masing negara berhak mendapatkan hadiah perjalanan foto klinik ke luar negeri, sekaligus berkompetisi dengan juara utama dari negara lain dalam Canon PhotoMarathon Asia Championship. Pendaftaran langsung mengunjungi situs: https://id.canon/id/campaign/photomarathon-id. (Husni/Antok Wesman)